Home / 2016 / April

Monthly Archives: April 2016

Punk Kok Sukanya Bikin Onar Mulu?!

KONTERKULTUR–Saya sebenernya pengen curhat lewat tulisan ini. Berharap situs KK mau memposting tulisan ini di website KK biar curhat saya dibaca sama banyak orang dan bisa dapet beberapa masukan. Saya anak punk di sebuah kota besar di Jawa. Sejujurnya saya sedih, soalnya dikota tempat saya tinggal banyak banget anak street punk yang kelakuannya nyebelin banget. Bener-bener sok-sok’an kalau sama orang lain, ...

Read More »

Apa Susahnya Bikin Band Punk?

KONTERKULTUR–Musik punk mungkin satu-satunya genre musik yang paling mudah ditiru dan miskin inovasi. Sebut saja punk rock lah namanya. Sejak dulu musik punk rock ya hanya begitu-begitu aja. Sejak mbah Johnny Rotten sampe Tim Armstrong musiknya nggak terlalu banyak berubah. Kalaupun mau ada inovasi, pasti musik punk rock harus mengkombinasikan dirinya dengan genre musik lainnya, seperti yang dilakukan RANCID misalnya. ...

Read More »

Balada Anak Punk Galau (Episode 1)

KONTERKULTUR–“Punk itu yang penting jadi diri sendiri, bro…”, kata Bokir sembari ngajari temennya – Uyap – yang masih baru aja daftar jadi anggota punk di Desa Sukamabok. Emang Bokir udah 15 tahun berkecimpung dibidang per-punk-an di Indonesia. Makanya dia ngerasa punya tanggungjawab ngajari anak-anak punk pemula.   Setelah dibilangin gitu, Si Uyap yang masih polos itu diem sambil mikir.   ...

Read More »

Ternyata Personel LAMB OF GOD Sempat Frustasi Milih Nama Band

KONTERKULTUR–Siapa sangka para personel LAMB OF GOD sempat kebingungan memilih nama yang tepat untuk band mereka. Mereka dilema banget gara-gara persepsi orang terhadap mereka bermacam-macam. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Wikimetal.com kepada John Campbell, bassis LAMB OF GOD beberapa waktu lalu, mereka buka-bukaan soal ini. Sang wartawan menanyakan, “bagaimana cara kalian memilih nama band. Apakah kalian sempat kena masalah saat ...

Read More »

Anak Punk Dianggap Sampah Masyarakat, Salah Siapa?

KONTERKULTUR–Anak punk, khususnya yang hidupnya dijalanan, memang sering bikin persepsi negatif masyarakat. Termasuk Satpol PP. Mereka menganggap anak punk itu sampah masyarakat yang harus disingkirkan agar tidak merusak pemandangan kota. Salah satu kasus yang baru saja terjadi di Jombang Jawa Timur, seorang anak SMP diciduk satpol PP cuma gara-gara dia selfie bareng anak punk. Sumpah ketika saya membaca berita ini ...

Read More »

[Video] Vokalis BELPHEGOR Diludahi Aktivis Kristen Ortodox Rusia

KONTERKULTUR–Negara Rusia memang negara yang paling anti dengan band-band satanis. Dulu, CANNIBAL CORPSE pernah manggung di Rusia lalu dihentikan dengan tank militer. BEHEMOTH juga pernah ditolak sebelum mereka manggung di Rusia. Kemudian, MARILYN MANSON pun harus membatalkan konsernya di negara komunis itu. Tapi berita kali ini beneran beda dari berita-berita sebelumnya. Kesialan kali ini menimpa band death/black metal asal Austria ...

Read More »

RAGE AGAINST THE MACHINE Reuni Rilis Album Tentang Kebusukan Donald Trump Benarkah Hoax?

KONTERKULTUR–Hari sudah lebih dari lima belas tahun sejak RAGE AGAINST THE MACHINE merilis album terakhirnya. Para personelnya kemudian sibuk sendiri-sendiri dan mengerjakan proyek-proyek musik yang berbeda-beda. Kini ada kabar bahwa mereka bersatu kembali dalam band lagi dan merilis album khusus untuk menentang calon presiden Amerika, Donald Trump. Dalam sebuah pernyataan yang dilansir oleh situs heaviermetal.net, RATM mengatakan bahwa mereka akan ...

Read More »

Lirik Band Punk Emang Harus Garang!

KONTERKULTUR–Maikel emang dikenal sebagai vokalis band streetpunk ternama dari Desa Sukamiskin, GEDUBRAKANS. Sebenernya, seluruh personelnya nggak ada yang ahli mainin alat musik, makanya kunci nada lagu-lagunya cuma seputar D – A – G ajah. Gimana lagi, bisanya cuma 3 itu. “Lagi pula buat apa punya skill musik bagus-bagus, kan ini band punk?”, gitu kata Maikel pas pertama kali maksa-maksa personel ...

Read More »

Punk Itu yang Penting Penampilannya!

KONTERKULTUR–Suatu hari Uyap, pokalis salah satu band crustpunk ternama di Indonesia bertengkar ama personel lainnya. Gara-garanya, pas mau manggung, temen-temennya udah dandan mohawk warna-warni, jaketan kulit penuh spike, emblem dimana-mana, celana robek-robek dan bersepatu boots, eh ternyata Uyap malah dateng pakai dandanan baju koko, pake kopyah, celana kain dan bersendal jepit. Temen-temennya syok bukan main. Mereka seperti disambar petir, seolah ...

Read More »

Jadi Punk Nggak Harus Jadi Feminis

KONTERKULTUR–Juminten, sebut saja begitu, tiba-tiba minta putus sama pacarnya. Padahal dia udah pacaran 5 tahun lamanya. Selama ini Juminten juga seringkali minta traktir dan minta dibayarin sama cowoknya pas kalo malem mingguan di mall. Tapi entah kenapa, Juminten seperti mulai kerasukan paham kesetaraan gender yang dia baca dari zine punk yang dikasih ama temen kuliahnya. Gara-garanya, Juminten ama cowoknya pas ...

Read More »