Home / News / Sport News / 6 Logo Vans KW Indonesia Pernah Daftar Hak Cipta, Akhirnya Ditolak

6 Logo Vans KW Indonesia Pernah Daftar Hak Cipta, Akhirnya Ditolak

KONTERKULTUR–Sejumlah logo Vans KW alias bajakan sempat didaftarkan hak cipta ke Direktorat Merek Ditjen HAKI Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, tetapi semuanya dibatalkan.

Penyebabnya adalah adanya gugatan dari perusahaan Vans Inc, dan Mahkamah Agung melihat logo tersebut hanya modifikasi dari penggugat.

“Bahwa, Penggugat sangat keberatan terhadap adanya pendaftaran pendaftaran merek-merek tersebut di atas, karena faktanya merek-merek tersebut didaftarkan oleh Tergugat untuk mendompleng keterkenalan merek-merek milik Penggugat yang telah dikenal dan dilindungi sebagai merek terkenal,” tulis laporan putusan dalam berkas gugatan yang didaftarkan di bawah registrasi No.39/MEREK/2010/PN.NIAGA.JKT.PST. dilansir oleh Hai Online.

Keenam logo tersebut memang keliatan banget jiplak dari logo aslinya. Hanya dirubah sedikit saja dari yang asli.

Termasuk slogan “Off the Top” yang dianggap meniru “Off the Wall.” milik Vans.

“Bahwa, fakta bahwa Tergugat ternyata kembali mendaftarkan merek-merek yang memiliki persamaan pada pokoknya atau pada keseluruhannya dengan merek-merek milik Tergugat sendiri (merek-merek mana yang telah dibatalkan oleh Putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek-merek milik Penggugat) merupakan suatu bukti sempurna bahwa Tergugat telah mendaftarkan merek-merek tersebut dengan iktikad tidak baik,” tulis laporan putusan dalam berkas gugatan yang didaftarkan di bawah registrasi No.39/MEREK/2010/PN.NIAGA.JKT.PST, lansir Hai Online.

Dengan adanya putusan tersebut, akhirnya pemilik perusahaan sepatu Vans KW di Indonesia harus menganti mereknya. Selain itu mereka juga didenda untuk menggantikan biaya peradilan.*[]

Editor: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.