Home / Artikel / Gaya Hidup / 8 Hal yang Harus Dihindari Agar TIdak Tertular HIV/AIDS

8 Hal yang Harus Dihindari Agar TIdak Tertular HIV/AIDS

KONTERKULTUR–HIV-AIDS saat ini masih menjadi momok penyakit paling menakutkan karena belum diketemukan obatnya. Berbagai faktor risiko dapat meningkatkan kesempatan kita terinfeksi virus yang dikenal dengan sebutan HIV ( human immunodeficiency virus ) tersebut. Seseorang yang terinfeksi virus ini dalam beberapa tahun kedepan dapat mengalami AIDS ( acquired immunodeficiency syndrome ) , hingga membuat kondisi penderita semakin lemah dan kesulitan untuk melawan infeksi dan komplikasi berbagai penyakit .

Banyaknya fakor resiko mungkin tidak akan dapat kita hindari  sepenuhnya satu persatu, namun setidaknya kita dapat berusaha untuk menurunkan resiko itu dengan melakukan proteksi diri agar jangan sampai terjangkit virus mematikan tersebut. Berikut ini beberapa faktor resiko HIV/AIDS yang paling umum terjadi dimasyarakat:

1. Melakukan hubungan seksual (vaginal, anal dan oral) dengan seseorang yang terinfeksi HIV atau mereka yang statusnya terinfeksi HIV namun tidak anda ketahui.

2. Bergonti-ganti pasangan seksual/ berhubungan seks dengan pekerja seks komersial/ homoseksual

3. Melakukan hubungan seksual dibawah pengaruh narkoba dan alkohol, disaat mereka hilang kesadaran mereka dapat melakukan hubungan seksual diluar kewajaran.

4. Menggunakan narkoba jenis suntikan secara bergantian atau melakukan hubungan seks dengan pengguna narkoba (suntik) yang terinfeksi HIV.

5. Menggunakan jarum untuk piercing (anting) atau tato yang tidak steril.

6. Memiliki penyakit menular seksual (PMS ), seperti herpes , klamidia , sifilis , atau gonore. PMS dapat menyebabkan perubahan dalam jaringan yang membuat penularan HIV menjadi lebih mudah.

7. Memiliki ibu yang terinfeksi HIV sebelum bayi lahir.

8. Memberikan transfusi darah atau menerima produk transfusi darah.

Jika ingin aman dari HIV/AIDS, maka wajib menghindari kemungkinan-kemungkinan penyebabnya. Jangan main-main dengan gaya hidup bebas jika ingin selamat.*[KK]

Source: dari berbagai sumber

Editor: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*