Home / News / Art News / Adam Sandler Diprotes Karena Film ‘Ridiculous Six’ Bermuatan Rasisme
Adam Sandler, sutradara keturunan Yahudi yang rasis (foto: yahoo)

Adam Sandler Diprotes Karena Film ‘Ridiculous Six’ Bermuatan Rasisme

KONTERKULTUR–Dilansir dari theguardian.com (23/04/2015), sekitar selusin aktor yang bermain dalam film komedi terbaru Adam Sandler “The Ridiculous Six” melakukan protes kepada produsen dan sutradaranya karena ternyata skenario film itu mengandung muatan rasisme. Film bergenre komedi tersebut yang sedianya akan dirilis pada Desember 2015 nanti.

Para aktor yang merupakan penduduk asli Amerika tersebut melakukan protes pada penggambaran buruk yang dilakukan film itu kepada budaya Indian Apache. Protes tersebut termasuk pada pemberian karakter dengan nama-nama konyol seperti “Beaver’s Breath” dan “No Bra”. Selain nama-nama karakter tertentu, mereka mengeluh tentang karakter perempuan berjongkok dan buang air kecil sambil merokok pipa perdamaian, serta posisi yang tidak pantas bulu pada Teepee (tenda tradisional bangsa Indian).

Film ini sendiri dibintangi antara lain oleh Taylor Lautner, Nick Nolte, Blake Shelton, Steve Buscemi, Rob Schneider, Dan Aykroyd, Will Forte, Vanilla Ice, dan Luke Wilson. Adam Sandler sendiri menulis jalan cerita film komedi ini bersama rekannya,Tim Herlihy. Sedianya The Ridiculous Six akan dirilis melalui Netflix, menyusul karya Sandler lain yang mendapat rating tinggi seperti The Wedding Singer.

Saat diketahui beberapa aktor melakukan protes, sang sutradara mengatakan kesan yang tidak hormat, berdalih ‘tidak disengaja’ dan beralasan bahwa film ini merupakan film komedi.

Salah satu aktor yang melakukan protes, Allison Young mengatakan bahwa  produsen film sama sekali tidak menghargai protes tersebut dan justru mengusir para artis itu juga mereka terlalu sensitif.

“Mereka hanya mengatakan kepada kami: ‘Jika kalian begitu sensitif, Anda harus pergi’”, kata Allison Young.

Young juga berkata, “Ini seharusnya menjadi komedi yang membuat Anda tertawa. Sebuah film seperti ini seharusnya tidak membuat seseorang merasa seperti ini. Tidak ada yang berubah.”

Adam Sandler sendiri adalah aktris Hollywood dari keluarga Yahudi tulen. Film-film yang disutradarainya tidak jarang yang menggambarkan kehidupan keturunan Yahudi. Bukan hanya ras Indian Apache yang pertama kali dicitrakan buruk dalam film-film Sandler, bangsa Arab jauh lebih sering menjadi korban.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Innah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*