Home / News / Sound News / Afroman dan Henry Rollins Terang-terangan Dukung Pelegalan Ganja
afroman dan henry rollins terang-terangan dukung legalkan ganja
afroman dan henry rollins terang-terangan dukung legalkan ganja

Afroman dan Henry Rollins Terang-terangan Dukung Pelegalan Ganja

KONTERKULTUR–Menyusul rencana voting pelegalan marijuana (ganja) di sejumlah negara bagian, beragam tanggapan muncul dari artis dan penyanyi papan atas Amerika. Beberapa dari mereka secara terang-terangan menyatakan dukungannya pada langkah yang akan diambil pemerintah untuk melegalkan penggunaan dan pembudidayaan ganja melalui voting dan jajak pendapat masing-masing negara bagian.

Afroman, yang merupakan rapper peraih nominasi Grammy bahkan merilis kembali single-nya yang berjudul “Because I Got High” yang berisi dukungan dan manfaat penggunaan ganja bagi dirinya. Lagu ini dirilis kembali setelah tigabelas tahun yang lalu pernah ia nyanyikan dalam upaya yang sama untuk mendukung pelegalan ganja.

Dikutip dari rollingstone.com (15/10/2014), Afroman berkilah bahwa ganja sangat bermanfaat untuk beberapa masalah kesehatan. Ia juga mencontohkan beberapa negara bagian seperti Colorado dan Washington yang ia anggap “sukses” menerapkan hukum pelegalan ganja.

Sementara itu, host acara “10 Things You Didn’t Know About”, Henry Rollins juga menyatakan dukungannya pada pelegalan ganja saat memandu acara yang disiarkan oleh channel H2 tersebut. Alih-alih membahas asal mula pelarangan ganja, Rollins yang juga merupakan former band hardcore Black Flag ini justru mengkait-kaitkan ganja dengan rasisme budaya.

Menurutnya, dalam sejarah Amerika, ganja memang mulai banyak dipakai oleh orang-orang berkulit hitam. Pada era ’30 an, setelah banyak diketahui efek negatif dari pemakaian daun yang biasa dihisap sebagai rokok ini, mulai banyak diberlakukan pelarangan penggunaan ganja terutama karena disarankan oleh pihak gereja kala itu, dilansir dari rollingstone.com (15/08/2014).

Rollins menganggap pelarangan ganja adalah hal yang tidak penting. Dia malah menyamakan penggunaan ganja dengan tindakan rasisme atau gerakan anti kaum homo.*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny Adiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.