Home / News / Sound News / Anak Band Putus Sekolah? Contohlah Dexter Holland ‘THE OFFSPRING’
Dexter Holland (foto: rollingstone.com)

Anak Band Putus Sekolah? Contohlah Dexter Holland ‘THE OFFSPRING’

ANAK band putus sekolah? Itu kan dulu. Sekarang sudah bukan jamannya. Tak perlu lah pakai alasan sekolah itu mengekang. Atau, beralasan, tanpa sekolah, orang bisa pula menghasilkan uang. Atau berpikir, ingin jadi musisi, sekolah jadi nomer sekian.

Sekolah bukan soal mengejar gelar. Tapi soal belajar dan belajar. Terus menerus merasa bodoh hingga ilmu harus dicapai tanpa mengenal waktu. Istilahnya, menuntut ilmu sepanjang hayat.

Contoh lah Dexter Holland, frontman The Offspring. Sewaktu diwawancara sebuah zine punk, dia mengatakan,”Saat ini saya memang fokus bermusik. Mungkin jika umur saya lewat 40 tahun, saya ingin jadi profesor. Untuk itu saya tetap melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,”.

Nama Dexter sendiri sebenarnya nama panggilan. Sebab dulu sewaktu sekolah, dia seorang valedictorian (siswa yang biasa mendapatkan kehormatan untuk membuka atau menutup tahun ajaran. Biasanya dipilih karena prestasi akademiknya). Valedictorian berasal dari bahasa latin Vale Dicere artinya pengucap selamat. Dari kata Dicere, muncul nama Dexter.

Dexter mengambil sarjana bidang biologi di University of Southern California. Lalu dia melanjutkan S2 dan meraih gelar master di bidang biologi molekuler di universitas yang sama. Saat mengambil gelar PhD, kesibukan bandnya makin padat. Ia terpaksa rehat sejenak dan berencana melanjutkan disertasinya tentang tema molekuler juga.

Saat reporter Punknews.org bertanya padanya, “Apa hubungannya musik dengan molekuler?”. Dexter menjawabnya sambil tertawa. “Saya juga bingung. Sama bingungnya dengan pertanyaan, kenapa saya bisa menjadi musisi?”.

Dexter melanjutkan,”Saya beruntung punya teman-teman band yang mendukung studi saya. Waktu saya bilang, saya mau off, mau sekolah lagi. Mereka bilang,’Bagus! Lanjutkan saja. Kami selalu mendukungmu’. Ah, saya senang sekali.”

Disertasi S3 Dexter bertemakan tentang virus HIV. Dia mengambil spesialisasi retrovirologi, ilmu tentang virus terutama fokus dalam bidang vaksin pengobatan. “Saya tidak tahu band ini hidup sampai kapan. Saya harap terus hidup. Tapi saya juga ingin mengembangkan bakat ilmiah saya. Belajar dan terus belajar,” ungkap Dexter.

Kalau nge-band sebesar The Offspring saja vokalisnya berprestasi di akademis, lalu bagaimana dengan kalian? Berapa IPK kalian semester lalu? *[KK]

Rep: Markonah

Red: Che Guemarah

One comment

  1. stay foolish stay hungry

    teteap merasa lapar…………… ilmu ilmu ilmu (Y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.