Home / Artikel / Kenal Tokoh / Apa Penyebab Kematian Joe Strummer ‘THE CLASH’?
Joe Strummer (www.wyep.org)

Apa Penyebab Kematian Joe Strummer ‘THE CLASH’?

KONTERKULTUR—Situs punknews.org menobatkan minggu ini sebagai THE CLASH week untuk mengenang band punk paling legendaris di Inggris setelah Pistols. Satu hal yang tidak bisa dilupakan dari band ini adalah kematian mendadak yang dialami oleh vokalis sekaligus gitarisnya, Joe Strummer pada tahun 2002 lalu.

Saat itu kejadiannya dirumah Strummer di Somerset, pada hari minggu, setelah pulang mengajak jalan-jalan anjing peliharaannya, sang istri Lucinda menemukan tubuh Joe Strummer tergeletak. Sang istri berusaha menolongnya namun tidak sempat lagi.

Ketika di otopsi dilakukan kepada Joe Strummer, ternyata diketahui bahwa gitaris THE CLASH itu terkena serangan jantung.

Michael Rose yang melakukan penyelidikan terhadap Strummer mengatakan bahwa kematian ikon punk Inggris itu tidak ada sangkut pautnya dengan narkoba.

Strummer meninggal di usia 50 tahun dengan meninggalkan istrinya, dua anak perempuan dan seorang anak tirinya. Mereka semuanya meminta agar siapapun penggemar yang berduka untuk mengirim kontribusi kepada konser penggalangan Nelson Mandela SOS di Afrika Selatan untuk melawan penyakit AIDS.

Ada puluhan musisi terkenal yang meninggal karena serangan jantung. Bahkan vokalis band punk THE EXPLOITED, Wattie, juga hampir saja meninggal di panggung karena terkena serangan jantung pada tahun 2014 lalu ketika tour bersama NAPALM DEATH dan HATEBREED di Portugal. Untungnya Wattie masih bisa diselamatkan. Semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran bagi musisi lainnya.*[KK]

Red: Markonah

Rep: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.