Home / Artikel / Opini Hatkor! / Apa Susahnya Bikin Band Punk?
(sumber foto: audioammunition)

Apa Susahnya Bikin Band Punk?

KONTERKULTUR–Musik punk mungkin satu-satunya genre musik yang paling mudah ditiru dan miskin inovasi. Sebut saja punk rock lah namanya. Sejak dulu musik punk rock ya hanya begitu-begitu aja. Sejak mbah Johnny Rotten sampe Tim Armstrong musiknya nggak terlalu banyak berubah. Kalaupun mau ada inovasi, pasti musik punk rock harus mengkombinasikan dirinya dengan genre musik lainnya, seperti yang dilakukan RANCID misalnya. Mereka menambahkan musik reggae dan ska kedalam lagu-lagu mereka. Atau seperti GREEN DAY yang menambahkan unsur-unsur pop kedalam musik mereka sehingga bisa lebih easy listening.

Beneran gampang banget kalau kita pengen bikin band punk. Sama sekali nggak butuh orang-orang yang bisa musik. Semua bisa dengan cepat dipelajari. Cukup 3 kunci saja kalian bisa menciptakan lagu punk yang sudah pasti dianggap keren temen-temen kalian disekolah. Lihat saja band-band besar sekelas THE SEX PISTOLS, THE RAMONES, RANCID, dan GREEN DAY, mana ada diantara mereka yang memulai ngeband dengan skill bermusik??

Apalagi kalau dipadukan dengan penampilan yang garang, dan lirik lagu yang full makian kepada seluruh institusi yang kalian temui. Sudah dipastikan band kalian akan terkenal.

Tapi memang ada sebagian orang tidak menganggap musik punk itu enak didengar. Mungkin mereka melihatnya dari segi estetika atau keindahan. Musik punk dianggap sebagai musik yang nggak punya nilai keindahan sama sekali. Berantakan! Masih mending musik metal malah yang penggarapannya butuh teknik dan skill yang pro.

Tapi nggak perlu didengerin lah kalau ada orang ngomong soal punk. Yang penting bikin musik gedubrakan. Pas manggung salah-salah juga nggak masalah. Kalau manggung berjalan rapi, itu mah band pop namanya! Dan masa bodoh dengan lirik lagu! Kamu bahkan bisa bikin band punk tanpa menulis lirik lagu lebih dulu! Sebutkan aja judulnya saat manggung, selanjutnya kamu bisa teriak-teriak sesuka kamu tanpa ada penonton yang peduli apa yang kamu omongin.

So, kapan bikin band punk?*[]

Oleh: Joy, vokalis The Sempax

3 comments

  1. ad dhoif faqir ilmi

    ente nanya kapan bikin band punk? kalo ane sih mendingan ngelamar jadi marbot di masjid terdekat.

  2. Yeah…. GREEN DAY !!!!!

  3. musik itu universal pada dasarnya semua musik itu sama semuanya indah mau punk mau pop mau metal regeee atau dangdut keroncong pun semuanya indah tergantung kita memainkan dan membawakanya dengan senang hati tulus atau hanya pura pura !!!! dan lebih bagus lg musik atau genre yg kita sukai itu mencerminkan diri kita dan hidup kita kita yg sejujurnya nah itu baru namanya PAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.