Home / News / Sound News / Apes! James Hetfield ‘Metallica’ Pernah Ditahan Satpam Bandara Karena Jenggotan
James Hetfield (foto:jameshetfieldguitar)

Apes! James Hetfield ‘Metallica’ Pernah Ditahan Satpam Bandara Karena Jenggotan

KONTERKULTUR–Mungkin kebanyakan satpam di bandara Luton London (UK) adalah pecinta dangdut sejati yang agak asing dengan musik metal. Wajar kalau seandainya mereka tidak kenal band sekelas Metallica. Nah, kalau bandnya saja tidak dikenal, apalagi sang frontman, James Hetfield.

Kejadian ini terjadi tahun 2007 lalu. Waktu itu Metallica sedang mengadakan tur ke Inggris dan akan menggelar konser besar-besaran di Stadion Wembley yang bersejarah itu. Meski dibekali surat pengantar resmi dari pihak penyelenggara, tak lantas para personil Metallica bisa melenggang masuk seenaknya saat menghadapi satpam imigrasi.

Dramatis. Saat personil lain ‘lulus’, Hetfield malah ketiban sial. Petugas imigrasi mengamati garis wajahnya dan fokus memperhatikan jenggotnya yang lebat. Hap! Hetfield pun resmi ditahan pihak bandara. Alasannya: terindikasi jaringan teroris.

Menurut koran Inggris The Times, petugas bandara mencurigai Hetfield sebagai anggota Taliban hanya karena Hetfield memelihara jenggot. Pihak bandara bahkan menahannya beberapa jam dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan detail -termasuk pertanyaan mengapa dia memelihara jenggotnya- untuk meyakinkan kalau Hetfield bersih dari aktivitas terorisme.

Sebenarnya, memelihara jenggot di kalangan musisi metal itu hal yang umum. Bukan berkaitan dengan suatu keyakinan ataupun ideologi. Biar kelihatan keren saja. Sebagai contoh, Chris Adler dan Mark Morton (Lamb Of God), Kerry King dan Tom Araya (Slayer), Scott Ian (Anthrax), Johan Hegg (Amon Amarth), dan jangan lupakan System Of A Down.

Selain itu, band heavy metal Mastodon juga hobi banget bikin official T-Shirt bergambar orang jenggotan panjang, karena memang personilnya juga banyak yang pelihara jenggot. Bahkan saking fanatiknya para penggemar metal dalam memanjangkan segala macam rambut yang melekat di tubuh, website thatsnotmetal.com pernah membuat doktrin kalau “mencukur” itu hal yang paling nggak metal banget. Bukan anak metal kalau akrab sama mesin cukur! Hehe.

Rep: Gondes

Red: Sogol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.