Home / News / Sound News / Band Satanis BURZUM Diboikot Situs Jual-beli eBay

Band Satanis BURZUM Diboikot Situs Jual-beli eBay

KONTERKULTUR–Situs jual beli online “eBay”, baru-baru ini menyatakan menolak untuk menjual segala merchandise dari band BURZUM. Hal ini ditengarai oleh kasus yang menjerat personel utama band tersebut, Varg Vikernes, atas tindakan rasis yang menyebabkan ia dihukum oleh persidangan di Prancis beberapa waktu yang lalu.

Melalui portal berita nme.com pada 6 Agustus lalu, diketahui bahwa Vikernes dijatuhi hukuman percobaan selama 6 bulan berikut denda sebesar £6,400 karena didakwa telah membuat blog yang berisi pelecehan terhadap umat Muslim dan Yahudi. Tepatnya pada bulan Juni lalu Vikernes ditangkap dan dinyatakan telah melakukan kejahatan rasis yang menuai kebencian.

Situs eBay sendiri menolak untuk menjual produk dari Vikernes karena mereka memang memiliki aturan untuk tidak akan menjual barang yang mempromosikan unsur kebencian, kekerasan, rasial, seksual, dan intoleransi pada agama. Melalui Metal Sucks, seorang anonymous mengatakan bahwa memang dia mencoba untuk menjual dua item merchandise dari Burzum namun ditolak. Bulan lalu, “Sports Direct” juga menarik ulang penjualan kaos Burzum dari online store mereka setelah mendapat protes masyarakat.

Varg Vikernes yang merupakan simpatisan neo-Nazi sendiri mengaku bahwa telah menghabiskan 15 tahun dari 21 tahun hukuman penjara di Norwegia atas pembunuhan Øystein Aarseth yang merupakan gitaris band beraliran black metal, MAYHEM. Vikernes sendiri dinyatakan bebas pada tahun 2009 namun kembali dihukum karena empat tuduhan pembakaran gereja di tahun yang sama.

Sikap eBay layak untuk diapresiasi. Tidak ada tempat bagi siapapun yang suka melecehkan agama dan penyebar kebencian dimuka bumi!*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.