Home / News / Art News / Banksy Sindir Paris Hilton Melalui Graffiti di Jalanan Kota Kidderminster
Grafiti bergambar Paris Hilton bersama anjingnya di jalanan kota Kidderminter UK (foto: Birmingham Mail)

Banksy Sindir Paris Hilton Melalui Graffiti di Jalanan Kota Kidderminster

SEBUAH grafiti yang menggambarkan Paris Hilton dan anjing peliharaannya tiba-tiba muncul di kawasan perbelanjaan di pusat kota Inggris. Penduduk sekitar dan orang-orang yang lewat untuk beberbelanja di area Kidderminster’s Oxford street dibuat geger dengan adanya grafiti sang sosialita dibawah hashtag “Dismaland” yang merupakan nama proyek taman hiburan yang sedang dibuat oleh Banksy.

Grafiti tersebut menggambarkan sindiran kepada Paris Hilton yang dianggap menyelundupkan sebanyak 500 copy debut albumnya di wilayah Inggris dan dijual tanpa sepengetahuan perusahaan. Banksy menggambarkan grafiti dengan tulisan “Dismaland” yang memiliki font serupa dengan yang digunakan pada tulisan Disneyland. Pada grafiti tersebut Paris Hilton digambarkan menggunakan topi tokoh kartun Mickey Mouse, sedangkan anjing peliharaannya digambarkan bersayap dan berada dalam sangkar bertuliskan Tinker Bell, yang juga merupakan nama salah satu tokoh kartun Disney.

Dilansir dari mirror.co.uk (24/08/2015), Rob Bishop yang merupakan manajer dari salah satu tempat perbelanjaan di area Kidderminster’s Oxford street mengatakan bahwa pada hari Sabtu (22 Agustus 2015) sekelompok orang tiba-tiba muncul dan mulai membuat grafiti.

“Ada sekitar 5 atau 6 orang yang tiba-tiba datang dan menggambar dengan semprotan cat putih pada awalnya, setelah itu masing-masing dari mereka mengerjakan bagian masing-masing secara terpisah”, ungkap Rob Bishop.

Setelah melihat hasil karya grafiti sekelompok orang tersebut, publik Inggris langsung menyadari bahwa karya seni yang merangkap sindiran untuk Paris Hilton tersebut merupakan ulah dari Banksy. Tak hanya ingin mengkritik Paris Hilton saja, Banksy juga sekaligus promosi gratis proyek seni yang mereka beri nama Dismaland, sebuah proyek seni jalanan yang memamerkan berbagai pertunjukan, koleksi ukiran, dan berbagai macam karya seni satir (sindiran) khas seniman Banksy.

Banksy adalah seniman yang anti-mainstream dan suka mengkritik dunia mainstream melalui karya seninya. Pernah beberapa tahun lalu Banksy mendatangi Palestina dan melakukan aksi grafiti untuk menyindir kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Innah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*