Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Benarkah Ada Pesan Setan dalam Lagu ‘Stairway To Heaven’-nya Led Zeppelin?
Robert Plant and Jimmy Page of Led Zeppelin (Photo by Laurance Ratner/WireImage)

Benarkah Ada Pesan Setan dalam Lagu ‘Stairway To Heaven’-nya Led Zeppelin?

KONTERKULTUR–Sudah bertahun-tahun beredar isu tentang lagu Stairway to Heaven karangan band rock lawas asal Inggris, Led Zeppelin, bahwa piringan hitam dari single tersebut kalau diputar ke arah yang sebaliknya akan terdengar suara seseorang yang dianggap sebagai pesan setan. Benarkah demikian? Apa tanggapan dari sang gitaris, Jimmy Page sendiri tentang isu tersebut?

Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa lagu tersebut dirilis pada tahun 1971 saat Led Zeppelin memegang kontrak dengan Atlantic Records. Nama albumnya saat itu adalah “Led Zeppelin IV Zoso”. Saat awal dirilis, lagu ini sempat merajai seluruh stasiun-stasiun radio di Inggris, dan sampai hari ini dianggap sebagai salah satu lagu yang paling banyak di-cover oleh band-band rock diseluruh dunia.

Namun sekitar akhir 90-an, beberapa orang pengamat musik tidak sengaja menemukan kejanggalan dari rilisan ini. Jika piringan hitam dari album ini diputar ke arah yang sebaliknya, tepat pada lagu Stairway to Heaven akan ada pesan penyembahan syetan yang cukup jelas.

Disitu terdengar kalimat demikian:

“Oh, here’s to my sweet satan, the one whose little paths would make me sad, Whose power os Satan. He’ll give you 666. There was a little toolshed. Where he made us suffer. Sad Satan.”

Simbol-simbol paganisme dalam sampul album Led Zeppelin

Menurut analisa yang dilakukan oleh Paul Crouch saat berbicara di acara televisi miliknya, Trinity Broadcasting Network tahun 1982, dia mengatakan bahwa diri terkejut mendengar fakta itu. Yang membuatnya heran adalah saat itu rekaman masih menggunakan cara analog. Kenapa bisa itu terjadi? Kenapa nada lagunya begitu pas dan menghasilkan suara yang demikian menyeramkan?

Meskipun Jimmy Page membantah bahwa lagu tersebut dibuat dengan unsur kesengajaan memasukkan pesan-pesan satanisme, namun wartawan banyak yang mengetahui ada kedekatan antara leader dari band ini dengan pencetus aliran gereja setan di Skotlandia, yaitu Aliester Crowley. Wartawan mendapati Jimmy Page beberapa kali mengunjungi rumah Crowley di Skotlandia. Juga dalam bukunya, Crowley pernah mengajarkan cara membaca dan berbicara secara terbalik dalam buku yang dia tulis.

Jimy Page berfoto didepan rumah Aliester Crowley, sang pencetus Gereja Setan

Ada bukti berupa foto, Jimmy Page sedang bergaya didepan rumah Aliester Crowley. Dan satu lagi, ada beberapa simbol bernuansa paganisme dalam sampul album Led Zeppelin saat itu. Setelah diteliti, ternyata ada 4 simbol yang ada dalam kover tersebut diambil dari buku Book of Signs karangan Rudolf Koch yang merupakan simbol-simbol magis dari seluruh dunia.*[]

Oleh: Markonah

Disadur dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.