Home / News / Sound News / Berita James Hetfield ‘METALLICA’ Raih Gelar Doktor Ternyata Hoax!
James Hetfield (foto:jameshetfieldguitar)

Berita James Hetfield ‘METALLICA’ Raih Gelar Doktor Ternyata Hoax!

KONTERKULTUR–Vokalis METALLICA James Hetfield baru-baru ini digosipkan meraih gelar PhD alias Doctor of Philosophy setelah menuntaskan kuliah S3 di bidang Astrofisika. Setelah scene metal dunia digegerkan dengan isu itu, ternyata setelah diklarifikasi ternyata kabar itu adalah hoax yang disebarkan oleh sebuah situs parody bernama ncscooper.com.

Situs itu menulis kebohongan bahwa mereka mendapat kabar itu dari akun facebook prbadi James Hetfield. Menurut mereka Hetfield menjalani pendidikan tingginya di California Institute of Technology in Pasadena (CalTech), California.

Bahkan yang lebih parah, situs itu menyebut nama James Hetfield dengan sebutan Dr. Hetfield seolah memang pentolan metal itu benar-benar telah menyandang gelar terhormat tersebut.

Situs itu berbohong pula dengan menuliskan kalimat yang diklaim sebagai hasil wawancaranya dengan Hetfield, “Saya senang bermain musik karena itu hal yang baik, dan saya mendapat kepuasan dari situ. Namun saya tidak bisa menafkahi keluarga saya hanya dengan kepuasan,”.

“Jadi, bila Brian May (gitaris Queen-red) bisa melakukannya, saya juga bisa. Itulah mengapa saya mengambilnya, Ternyata, saya cukup baik dalam hal ini,” lanjutnya, sebagaimana yang dituliskan situs parodi tersebut.

Situs tersebut benar-benar totalitas dalam membuat berita hoax. Mereka menjelaskan pula bahwa Hetfield mengembangkan disertasi karya Dr Misty Benz yang dikerjakan pada 2007 tentang lubang hitam berjudul Black Hole Scaling Relationships: New Results from Reverberation Mapping and Hubble Space Telescope Imaging.

Namun setelah ditelusuri lebih jauh oleh situs Liputan6.com, mereka menemukan bahwa NC Scooper memang situs parodi yang menuliskan hal-hal menggelikan. Dalam kolom komentar di bawah artikel tentang Hetfield, ada juga penggemarnya yang kecewa atas berita hoax tersebut. “Saya kecewa begitu mengetahui hal ini tak benar.” Komentar lainnya menyebut kalau gelar PhD untuk James Hetfield merupakan satu hal yang ‘terlalu bagus untuk menjadi kenyataan’. Meskipun kalimat itu mengandung pernyataan underestimate terhadap Hetfield, tapi mungkin ada benarnya.

Lain kali dunia metal memang harus hati-hati dengan isu-isu semacam ini. Karena banyak pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab melakukan hal ini untuk mencari popularitas saja.*[KK]

Rep: Markona

Red: Jamila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.