Home / News / Sound News / Billy Corgan ‘SMASHING PUMPKINS’ Menemukan Gitarnya Setelah 27 Tahun Hilang
Billy Corgan, Smashing Pumpkins (image: NME.com)

Billy Corgan ‘SMASHING PUMPKINS’ Menemukan Gitarnya Setelah 27 Tahun Hilang

KONTERKULTUR–Menurut The Pulse Of Radio, vokalis SMASHING PUMPKINS, Billy Corgan, telah mendapatkan kembali sebuah gitar Stratocaster yang dicuri darinya 27 tahun yang lalu pada tahun 1992. Gitarnya itu bukan sembarang gitar, katanya. Menurut Billy, gitar tersebut adalah gitar yang ia gunakan dan mendapat suara khas dengan pada debut klasik PUMPKINS tahun 1991 yang berjudul “Gish”.

Corgan berkata pada Rolling Stone, “Aku benar-benar akan membawanya ke suatu tempat, dan memperbaikinya. Dan aku akan mulai menggunakannya. Ini adalah gitar yang sangat berharga bagiku. Dan maksudku, waktunya agak aneh, dan menguntungkan.”

“Saya menganggapnya sebagai tanda bahwa itu seharusnya menjadi bagian dari apa yang kami lakukan.” kata Billy.

Selain itu Billy Corgan juga mengatakan bahwa dia akan menggunakannya untuk LP PUMPKINS berikutnya, yang akan keluar pada akhir 2019.

Gitar itu sempat menghilang setelah pertunjukan Juni 1992 di Detroit, ketika seseorang berjalan keluar dari venue dengan instrumen lima menit setelah band menyelesaikan pertunjukannya. Selama 27 tahun itu tetap hilang, sampai Selasa lalu (5 Februari 2019), ketika seorang teman menghubungi Corgan dengan gambar gitar yang tampak seperti instrumen yang dicuri.

Corgan memverifikasi bahwa gitar itu miliknya dengan tanda-tanda tertentu yang hanya diketahui olehnya. Gitar itu akhirnya kembali kepadanya melalui Beth James, seorang ibu dari tiga anak yang tidak bisa bermain gitar, dan tinggal sekitar 80 menit barat laut Detroit. Dia melihat gitar di sebuah pedagang kaki lima di Detroit dan membayar $ 200 untuk itu karena dia pikir itu akan terlihat keren untuk dipajang di ruang bawah tanahnya. Gitar itu tetap di sana sampai selama 12 tahun terakhir, sampai dia memutuskan untuk menjualnya lagi, yang uangnya akan dibelikan bak mandi air panas.

Akhirnya kabar kembali ke Corgan, yang James katakan “cukup senang” ketika dia menunjukkannya kepadanya. Corgan mengatakan gitar memiliki arti khusus baginya karena, ketika ia menjelaskan, “Itu adalah gitar yang mempengaruhi cara saya bermain dan saya sangat diidentifikasi dengan gitar.” Dia menambahkan, “Saya selalu merasa gitar saya akan kembali ketika saatnya tiba.”*[]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.