Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Black Metal dan Pembakaran Gereja, Dua Hal yang Tak Terpisahkan

Black Metal dan Pembakaran Gereja, Dua Hal yang Tak Terpisahkan

KONTERKULTUR–Black metal dan pembakaran gereja di Barat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Genre musik itu sudah identik dengan aksi anti-agama yang berujung pada aksi pembakaran tempat-tempat berbau agama. Yang sering menjadi sasaran empuk adalah gereja karena mayoritas warga negara-negara Barat adalah Kristen.

Di Norwegia, baik musisi maupun fans Black Metal-nya saja telah melakukan lebih dari 50 aksi pembakaran gereja Kristen dari tahun 1992 hingga 1996.

Otak dari band black metal BURZUM, Varg Vikernes pernah dihukum karena terbukti ikut dalam aksi pembakaran empat gereja, termasuk Gereja The Fantoft Stave, yang kemudian dia mengabadikan aksi tersebut dalam kover EP mereka berjudul Aske.

Samoth, gitaris band black metal EMPEROR, pernah dijatuhi hukuman hingga 10 bulan penjara setelah terbukti membakar gereja di Norwegia. Jørn Inge Tunsberg, gitaris band HADES (sekarang HADES ALMIGHTY), juga terbukti melakukan aksi pembakaran gereja di Åsane, Norwegia, dan menghabiskan dua tahun hidupnya di penjara.

Faust, drummer EMPEROR, pernah pergi ke sebuah kapel bernama Holmenkollen bersama Euronymous dari band Mayhem dan Varg Vikernes dari band BURZUM untuk membom kapel tersebut. Saat bom yang mereka rakit sendiri itu mereka taruh di altar ternyata tidak meledak, mereka langsung membasahi buku-buku nyanyian doa dan Injil dengan minyak tanah dan membiarkannya menyala di altar hingga membakar seluruh isi gereja.

Pembakaran gereja telah menjadi semacam ‘ritual’ umum para musisi black metal, mungkin yang paling terkenal adalah yang statemen GAAHL dari band Gorgoroth saat interview dengan Sam Dunn dalam sebuah video dokumenter, Metal: A Headbanger’s Journey. Dia mengatakan:

“Pembakaran gereja dan semua yang terkait dengannya, tentu saja, hal-hal yang sangat saya dukung 100 persen dan itu harus dilakukan terus menerus dan lebih banyak dikemudian hari. Kami harus menghapuskan setiap bekas dari agama Kristen dan akar-akar Yahudi yang ditawarkan dimuka bumi.”*[]

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Sr_RaCM-1ug

Oleh: Abu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*