Home / Artikel / Celoteh Agen KK

Celoteh Agen KK

Antara CRASS dan FPI

“Do you really believe in Buddha? Buddha sucks Do you really believe in Jesus? Jesus fucks Is it alright really? It is alright really? Is it working? Do you really believe in Marx? Marx fucks Do you really believe in Thatcher? Maggie sucks Do you really believe in the system? Well o.k. I BELIEVE IN ANARCHY IN THE UK” — ...

Read More »

Ketika Punk Saling Mengkafirkan

By: Muhammad Arkhan Ketika punk saling mengkafirkan Menilai yang lain poser tak berguna Yang layak dicaci maki dan dihina Kalian lebih suka menyakiti saudara punk sebangsa Ketimbang melawan zalimnya penguasa Ouh, tidak lupa juga kalian mengkafirkan anak pop punk tidak punk Karena bersepatu sneakers dan berponi Tapi ketika NOFX menghujat kaum Islam dan Kristiani Kau tidak peduli Kau bilang itu ...

Read More »

“Punk kok bahas politik?!”

KONTERKULTUR–Ada orang yang ngaku punk bilang “Punk kok mbahas politik?!”. Menurut kami ini pernyataan bego. Bagaimana mungkin punk dilarang membahas politik sedangkan punk adalah budaya perlawanan yang lahir karena kondisi politik di Inggris dan Amerika yang represif dan tidak adil?? Lihat lirik-lirik lagu The Sex Pistols, Dead Kennedys, atau The Clash, mereka hadir diatas panggung karena protes terhadap kondisi sosial ...

Read More »

Si Doel Anak Punk Sekolahan

KONTERKULTUR–Si Doel beneran anak punk. Dia udah lama banget ngepunk. Sekitar 6 bulanan sebelum dia daftar masuk kuliahan. Tiap hari kerjaan Si Doel ya ke kampus. Tapi dia cuma ambil SKS dikit. Biar bisa banyak nongkrong sama temen-temennya. Kadang di kantin, kadang di sekretariat Hima. Kalo nongkrong, kerjaan Si Doel suka memprovokasi temen-temennya supaya ikut-ikutan ‘radikal’ kayak dia. Mulai ngasih ...

Read More »

Balada Anak Punk Galau (Episode 1)

KONTERKULTUR–“Punk itu yang penting jadi diri sendiri, bro…”, kata Bokir sembari ngajari temennya – Uyap – yang masih baru aja daftar jadi anggota punk di Desa Sukamabok. Emang Bokir udah 15 tahun berkecimpung dibidang per-punk-an di Indonesia. Makanya dia ngerasa punya tanggungjawab ngajari anak-anak punk pemula.   Setelah dibilangin gitu, Si Uyap yang masih polos itu diem sambil mikir.   ...

Read More »

Anak Punk Dianggap Sampah Masyarakat, Salah Siapa?

KONTERKULTUR–Anak punk, khususnya yang hidupnya dijalanan, memang sering bikin persepsi negatif masyarakat. Termasuk Satpol PP. Mereka menganggap anak punk itu sampah masyarakat yang harus disingkirkan agar tidak merusak pemandangan kota. Salah satu kasus yang baru saja terjadi di Jombang Jawa Timur, seorang anak SMP diciduk satpol PP cuma gara-gara dia selfie bareng anak punk. Sumpah ketika saya membaca berita ini ...

Read More »

Lirik Band Punk Emang Harus Garang!

KONTERKULTUR–Maikel emang dikenal sebagai vokalis band streetpunk ternama dari Desa Sukamiskin, GEDUBRAKANS. Sebenernya, seluruh personelnya nggak ada yang ahli mainin alat musik, makanya kunci nada lagu-lagunya cuma seputar D – A – G ajah. Gimana lagi, bisanya cuma 3 itu. “Lagi pula buat apa punya skill musik bagus-bagus, kan ini band punk?”, gitu kata Maikel pas pertama kali maksa-maksa personel ...

Read More »

Punk Itu yang Penting Penampilannya!

KONTERKULTUR–Suatu hari Uyap, pokalis salah satu band crustpunk ternama di Indonesia bertengkar ama personel lainnya. Gara-garanya, pas mau manggung, temen-temennya udah dandan mohawk warna-warni, jaketan kulit penuh spike, emblem dimana-mana, celana robek-robek dan bersepatu boots, eh ternyata Uyap malah dateng pakai dandanan baju koko, pake kopyah, celana kain dan bersendal jepit. Temen-temennya syok bukan main. Mereka seperti disambar petir, seolah ...

Read More »

Jadi Punk Nggak Harus Jadi Feminis

KONTERKULTUR–Juminten, sebut saja begitu, tiba-tiba minta putus sama pacarnya. Padahal dia udah pacaran 5 tahun lamanya. Selama ini Juminten juga seringkali minta traktir dan minta dibayarin sama cowoknya pas kalo malem mingguan di mall. Tapi entah kenapa, Juminten seperti mulai kerasukan paham kesetaraan gender yang dia baca dari zine punk yang dikasih ama temen kuliahnya. Gara-garanya, Juminten ama cowoknya pas ...

Read More »

Netral Ganti Nama Jadi NTRL, Bukan MLTR Lho Ya..

KONTERKULTUR–Pekan lalu Netral telah sukses menggelar konser 11/12 sekaligu merilis album terbarunya tersebut. Album ketigabelas di sepanjang karir mereka ini hadir untuk menjawab produktivitas Netral yang absen menelurkan album selama tiga tahun belakangan. Dalam kesempatan itu, Netral juga mengubah namanya menjadi NTRL. Wait. NTRL? Ada hubungannya dengan MLTR? Beda jauh lah. Tapi, kalau tidak betul-betul teliti, orang bisa mengira Netral ...

Read More »