Home / Artikel / Kenal Tokoh / Cerita John Porcell (JUDGE, YOUTH OF TODAY) Saat Manggung di Gilman
John Procell (sumber: creative-eclipse.com)

Cerita John Porcell (JUDGE, YOUTH OF TODAY) Saat Manggung di Gilman

KONTERKULTUR–Beberapa tahun terakhir, band-band hardcore lawas asal New York mulai bermunculan lagi. Mereka terbentuk lagi atau hanya sekedar dalam niat reuni. Salah satunya adalah JUDGE. Sebuah band hardcore yang mengusung gaya hidup straight edge, yang juga dimotori oleh salah satu personel band SxE legendaris YOUTH OF TODAY, yaitu John Porcelly.

Ada banyak hal yang bisa kita simak jika kita bisa berdialog langsung dengan John Porcelly. Khususnya tentang pengalaman mereka manggung di Gilman, sebuah daerah di Amerika yang menjadi basis pertunjukan punk dan hardcore, dan juga asal mula band-band punk seperti Rancid, Green Day, dll.

Kami di Konter Kultur membantu sedikit terjemahan wawancara yang dilakukan situs Noisey.com kepada John Porcelly terkait kembalinya JUDGE di scene NYHC:

Noisey: Bisakah kamu cerita sedikit tentang masa lalu saat JUDGE bisa bermain di Gilman? Saya tahu anda bermain disana pada tahun 1989 karena ada video yang mendokumentasikannya, dan saya juga mendengar kamu bermain di “Storming the West” tour pada tahun 1990?

Porcelly: Saya tidak bisa mengingatnya secara detail. Jika kamu pernah main di ribuan show, setiap orang akan sulit mengingatnya satu-persatu. Tapi iya, saya ingat kalau saya pernah manggung di Gilman, saya ingat waktu itu pakai kaos warna merah, dengan kepala gundul, karena saya punya banyak foto kenangan tentang manggung saat itu.

Manggung di Gilman selalu mengasyikkan. Mereka tahu bahwa ada larangan untuk melakukan stagediving tapi orang-orang tetap aja melompat dari panggung. Hahaha. Ini adalah show yang brutal dan gila, dan orang-orang bernyanyi bersama. Saya pernah bermain beberapa kali disana bersama YOUTH OF TODAY, dan sekali bersama BOLD, dan setiap pertunjukan itu selalu penuh, panas bekeringat, dan tentu saja hebat.

Saya mengingat satu hal secara spesifik, meskipun mungkin YOUTH OF TODAY pernah manggung di Gilman Street, tapi yang ngedrum waktu itu adalah Mike Judge. Namun setelah pertunjukan kami keluar untuk makan-makan dengan teman-teman dari OPERATION IVY, seperti Tim “Lint” Armstrong dan teman-temannya. Lalu mereka kemudian berubah menjadi Rancid, lalu saya kaget sambil bilang, “Walah, orang-orang ini kan yang kemarin makan-makan bareng saya waktu itu!”

Jadi kami jalan-jalan dengan para personel Rancid saat mereka belum membentuk band itu. Mike dan Tim kelihatan cocok saat ngobrol.

John ‘Porcell’ Porcelly (alias Paramananda Das) lahir pada 3 February 1967 dan menjadi gitaris beberapa band hardcore diantaranya Young Republicans, Violent Children, Youth Of Today and Judge. Selain itu Procell juga pernah menjadi vokalis di Project X dan juga pernah membantu di Bold dan Gorilla Biscuits. Band terkahirnya adalah Shelter, Never Surrender dan Last of the Famous.

Porcell juga membuat fanzine sendiri. Namanya adalah War on Illusion dan menjalankan record label/fanzine sendiri bernama Schism bersama Alex Brown (Gorilla Biscuits/Side By Side/Project X). Porcelly saat ini record label Fight Fire bersama Fire.*[KK]

Editor: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*