Home / Artikel / Kenal Tokoh / Chris Freeman ‘PANSY DIVISION’ Curhat, Dulu Pernah Dikucilkan Karena Jadi Homo

Chris Freeman ‘PANSY DIVISION’ Curhat, Dulu Pernah Dikucilkan Karena Jadi Homo

KONTERKULTUR–Chris Freeman, salah seorang personel band punk homo asal Amerika PANSY DIVISION diwawancara oleh situs Punknews.org terkait pengalamannya menjadi seorang punk yang suka sesama cowok. Dia mengaku pernah dikucilkan karena penyimpangan orientasi seksualnya itu.

“Saya pernah bermain di beberapa band sebelum Pansy Division. Saya pernah pindah ke San Francisco pada tahun 1987 dan berpikir, “Aku pengen jadi seorang musisi, tapi nggak di Seattle.” Saya tahu orang-orang seperti Bruce Pavitt dan Jon Poneman dari label rekaman Sub Pop Records, dan saya dulu adalah asisten manajer di Muzak, dan menggaji Mark Arm dari MUDHONEY dan Ron Nine dari LOVE BATTERY. Jadi, saya dulunya sangat bersahabat dengan band-band di Seattle, namun sayangnya mereka nggak menginginkan adanya musisi hombreng seperti saya,” jelasnya memelas.

“Iya ini benar, dan pada poin itu telah terbukti. Dari tahun 1982 sampai 1985 saya main band bernama ATTACHMENTS. Saya adalah seorang penulis lagunya, namun kami punya 2 orang penyanyi perempuan, jadi saya nggak kebagian nyanyi di lagu-lagunya. Kami waktu itu sangat dekat dengan label rekaman A&M Records. Mereka pernah mengirim tim pemasaran untuk melamar kami dan saya sempat diberitahu, “perempuan-perempuan itu akan mendapat seluruh perhatian, kami nggak butuh mendengar dari pemain bass. Meskipun kamu adalah penulis lagu, kamu nggak akan diwawancara. Tapi kalau kamu ditanya soal kenapa kok menjadi homo, cukup menyingkir saja.”

“Akhirnya waktu itu kami nggak jadi menandatangani kontrak. Itu pengalaman saya dimana menjadi homo nggak bisa berkarir bagus di industri musik,” tambahnya.

Itulah nasib jadi punk yang memiliki kelainan orientasi seksual. Sikap-sikap yang kurang menerima kaum gay bisa jadi karena khawatir akan dampak negatif yang ditimbulkannya.*[KK]

Rep: Marko

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*