Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Cikal Bakal Aksi Merusak Alat Musik Saat Manggung

Cikal Bakal Aksi Merusak Alat Musik Saat Manggung

KONTERKULTUR–Aksi panggung dengan merusak alat-alat musik dan berbagai asesoris panggung sudah menjadi aktifitas yang biasa untuk band-band atau musisi-musisi tertentu. Mulai kalangan band-band pop sampai rock di sepanjang sejarah musik dunia sering terjadi aksi panggung yang merusak dan merugikan seperti ini.

Bagaimana sih sebenarnya asal-usul aksi pengerusakan alat musik saat manggung ini?

Pada tahun 1956, di pertunjukan Lawrence Welk, seorang penyanyi asal Amerika menyanyikan tembang milik Elvis Presley berjudul “Hound Dog”. Pada akhir lagu itu, dia memukulkan gitar akustiknya yang sudah tidak layak pakai.

Jerry Lee Lewis bisa jadi adalah rocker pertama yang pernah menghancurkan peralatan musiknya di atas panggung. Bahkan dia pernah menghancurkan serta membakar pianonya pada tahun 1950-an.

Jangan dikira hanya musik rock, musisi jazz Charles Mingus juga pernah membanting bass-nya yang diketahui seharga $20,000 atau sekitar 25 juta Rupiah saat manggung di New York di acara Five Spot.

Di pertengahan 1960-an, gitaris Pete Townshend dari band legendaris THE WHO mungkin juga pelaku yang suka membanting-banting gitar yang pertama kalinya, khususnya dikalangan artis rock. Majalah Rolling Stone memberitakan momen banting gitar Rickenbacker-nya itu saat manggung di Railway Tavern di Harrow and Wealdstone pada September 1964. Pete masuk dalam list yang dibuat majalah musik itu dengan judul “50 Momen yang Mengubah Rock&Roll”. Menurut seorang siswa yang sok artistik Gustav Metzger, momen pembantingan gitar si Townshend itu dianggap sebagai seni auto-destruktif.

The Who, yang menghancurkan alat musik dipanggung

The Who, menghancurkan alat musik dipanggung

Bukan hanya gitarisnya, Keith Moon, drummer THE WHO ternyata juga suka sekali merusak perangkat drumnya. Dengar-dengar, momen paling terkenal adalah saat tampil di Smothers Brothers Comedy Hour di tahun 1967. Moon mengisi bass-drumnya dengan bahan peledak yang kemudian sengaja diledakkan saat lagu terakhir “My Generation” selesai dinyanyikan.

Jeff Beck, personel YARDBIRDS, juga pernah secara agak ragu-ragu merusak gitarnya pada film “Blowup” pada tahun 1966 setelah Michelangelo Antonioni, sang director film itu, memintanya untuk meniru-niru apa yang dilakukan THE WHO.

Jimi Hendrix pun demikian. Gitaris negro ini juga pernah menghancurkan beberapa gitar dan amplifier-nya. Momen yang paling terkenal adalah ketika dia membakar gitarnya pada saat melakukan tiga konsernya, salah satunya pada 1967 di Monterey Pop Festival. Dia melumuri gitarnya dengan cairan yang mudah terbakar, kemudian api dinyalakan.

Nirvana, alat musiknya tidak pernah utuh

Nirvana, alat musiknya tidak pernah utuh

Dikalangan musisi grunge, gitaris NIRVANA Kurt Cobain juga terkenal suka menghancurkan gitar dan sound system diatas panggung. Dave Grohl, sang drummer juga pernah memporak-porandakan drumset-nya setelah menyelesaikan lagu terakhirnya.

Kover album band punk asal Inggris, THE CLASH yang berjudul London Calling menjadi sangat fenomenal dengan memuat foto Paul Simonon yang sedang membanting gitarnya diatas panggung.

Foto fenomenal yang dijadikan kover single The Clash

Foto fenomenal yang dijadikan kover single The Clash

Kalau musisi Indonesia, band industrial rock KOIL adalah salah satu band lokal yang suka banting-banting gitar. Hanya saja band ini pernah tidak beruntung lantaran gitar yang dibanting Otong sang vokalis saat event Hammersonic 2014 lalu ternyata tidak kunjung hancur. Padahal sudah berkali-kali dibanting tapi tetap saja kuat. Akhirnya gitar itu digeletakkan begitu saja dan mereka melanjutkan konsernya.

Menurut sebagian penonton, aksi merusak alat musik semacam ini tidaklah keren. Karena jelas-jelas merugikan diri sendiri. Coba kalau gitar milik Charles Mingus yang seharga 25 juta itu dijual dan disumbangkan ke orang-orang tidak mampu, pasti akan jauh lebih keren.*[]

Oleh: Abu

Jika ingin tahu alasan kenapa mereka melakukan pengerusakan alat musik saat manggung, baca tulisan selanjutnya ini!

4 comments

  1. Dlu Boomerang jga prnh ngancurin gitar.wktu maen disoundrenalin.tp gitar’a di ganti pas aksi ngancurin alat’a.dganti ama yg merk murahan.biar g rugi2 amat..heee

  2. bukankah pria di “London Calling” The Clash itu Paul Simonon yak ?

  3. Terima kasih infonya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*