Home / Bedah Karya / Bedah Lirik / D.R.I “Abduction”: Peringatkan Bahaya Penculikan Anak Lewat Musik Thrash

D.R.I “Abduction”: Peringatkan Bahaya Penculikan Anak Lewat Musik Thrash

KONTERKULTUR—Siapa yang nggak kenal Dirty Rotten Imbeciles alias D.R.I? Hampir setiap pecinta punk, hardcore maupun thrash tahu siapa band yang satu ini. Mereka lahir di kota Houston, Amerika pada 1982. Mereka termasuk band oldschool/crossover thrash yang paling dihormati dikalangan scene punk/hardcore/metal.Para penggemar musik ala Suicidal TendenciesCorrosion of ConformityStormtroopers of Death dan Cryptic Slaughter pasti akan suka dengan D.R.I.

Lirik-lirik lagu band ini juga sangat ringan dipahami. Jujur dan straight to the point. Sangat khas band-band punk yang membuat lirik lagu tidak bertele-tele.

Salah satu lagu yang menarik untuk dibahas dari D.R.I adalah lagu yang berjudul “Abduction”. Lagu ini memiliki pesan moral yang sangat mendalam. Lagu ini menyampaikan pesan kepada audiens untuk sadar akan fenomena penculikan terhadap anak-anak kecil. Meskipun lagu ini sudah populer di tahun 80-an, namun pesan yang disampaikan tidak expired hingga hari ini dimana angka kejahatan terhadap anak (termausk penculikan) tetap saja meningkat. Tidak terkecuali di Indonesia. Lagu ini sekaligus sebagai pengingat bagi para kakak, maupun orang tua, agar berhati-hati terhadap kejahatan penculikan anak yang terus mengancam disekitarnya.

Coba simak lirik lagu dibawah ini:

Where have all the children gone?
How long must the search go on?
See them on the milk carton
Someone stole their only son
Abducted from their place of play
It seems to happen every day
Almost like it’s done for pay
But who to know and who’s to say?

Posted in the corner store
Two missing children, maybe more
Their age, their height, the clothes they wore
And just what the witness saw
Most of them are never found
Although a few will come around
In garbage or the river drowned
Simetimes six feet underground

Abduction [2]

Abductors must be really sick
Something in their heads went click
A message from some late night flick
Or even some backwoods red neck hick
The schools are going on patrol
‘Cause now the thief is on a roll
Their adding up and taking toll
Abductor must not have a soul

Translasi:

Di mana memiliki semua anak-anak pergi?Berapa lama harus pencarian pergi pada?Melihat mereka pada susu karton seseorang mencuri anak tunggal mereka. Menculik dari tempat mereka bermain. Hal ini tampaknya untuk terjadi setiap hari. Ini dilakukan hampir seperti untuk membayar sesuatu. Tetapi siapa yang tahu dan siapa yang mengatakan?

Ditempel di sudut toko. Dua anak telah hilang, mungkin lebih. Usia mereka, tinggi mereka, pakaian yang mereka kenakan. Dan hanya apa yang saksi mata lihat, sebagian besar mereka tidak pernah ditemukan, meskipun sebagian saja yang akhirnya ditemukan. Di sekitar tempat sampah atau tenggelam di sungai. Sekitar enam kaki bawah tanah.

Penculik pasti benar-benar ‘sakit’. Sesuatu di kepalanya ada yang ter’klik’. Sebuah pesan dari beberapa film larut malam. Atau sekedar beberapa ‘backwoods red neck hick’. Sekolah-sekolah sedang berpatroli. Karena sekarang para pencuri sedang banyak beroperasi. Jumlah mereka meningkat dan mereka mengambil jalan pintas. Para penculik pasti nggak punya jiwa.

Lirik-lirik lagu seperti ini jauh lebih bermanfaat untuk umat manusia dibandingkan tipikal sebagian besar lirik-lirik band metal maupun punk yang sering berisi hal-hal yang tidak berguna.

Hal-hal baik maupun pencegahan terhadap kemungkaran harus terus didengungkan. Kita sebagai manusia juga wajib saling mengingatkan satu sama lain.*[KK]

Red: Abu Hafizh

One comment

  1. ”Hal-hal baik maupun pencegahan terhadap kemungkaran harus terus didengungkan. Kita sebagai manusia juga wajib saling mengingatkan satu sama lain”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.