Home / Artikel / Kenal Tokoh / Dave Smalley ‘DOWN BY LAW’: “Agama bisa memudahkan kita memiliki mental positif”

Dave Smalley ‘DOWN BY LAW’: “Agama bisa memudahkan kita memiliki mental positif”

KONTERKULTUR–Dave Smalley adalah musisi hardcore/punk yang cukup dikenal di Amerika. Dia aktif di band-band hardcore/punk yang namanya sudah lama mencuat di scene punk AS seperti DYS, Dag Nasty, dan All  sebagai lead singer/guitarist bersama Down by Law.

Smalley dikenal sebagai scenester punk yang dekat dengan melodic punk dan kini mulai merambah ke emo. Dia juga ikut andil dalam band The Sharpshooters, yang musiknya banyak terpengaruh band-band mod revival seperti The Jam.

Sebuah blog bernama PMAKid pernah mewawancara Smalley perihal pilihannya untuk tetap menjadi PMA (Positive Mental Attitude), tanpa rokok, tanpa mabok, tanpa seks bebas.

Saat itu PMAKid menanyakan apakah Smalley akan terus menjalankan PMA dalam hidupnya, dan bagaimana dia bisa menjaga agar tetap hidup positif disaat kondisi sulit menerpa dirinya, teman-temannya, atau keluarganya. Yang mengejutkan adalah, bahwa Smalley ternyata sangat menghargai peran agama dalam membangun mental positif dalam hidup manusia.

Kata Smalley, “Saya memang menyatakan diri sebagai orang  yang positif. Saya banyak mengeluarkan energi untuk fokus dan berusaha menjadikan dunia menjadi lebih baik, daripada negatif dan melenakan seperti sekarang ini. Sebenarnya saya berpikir bahwa lebih mudah menjadi positif daripada hidup negatif. Sejujurnya, menjadi negatif akan lebih banyak bikin kita capek dan menguras tenaga, seperti suka marah-marah. Lebih enak kalau kita mudah memberi maaf kepada orang lain.”

“Maka dari itu saya berpikir kalau kepercayaan agama bisa sangat membantu banyak orang, karena agama bisa menjadikan masalah yang begitu besar jadi lebih mudah diselesaikan.Satu hal yang juga sangat penting adalah memiliki banyak teman yang akhlaknya baik dan keluarga yang siap berada disamping kita untuk membantu disaat kita kesulitan,” tambahnya.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

2 comments

  1. Kalo di negeri antah berantah yg saya tinggali ini malah kebanyakan penganut agama menjadi sok suci dan sibuk menebar pesan-pesan negatif juga kebencian

    • kebencian itu nggak ada salahnya selama yang dibenci adalah sesuatu yang dibenci Allah Swt. Mungkin kamunya yang kurang belajar agamamu sendiri, makanya cenderung fobia dan ikut2an teman2mu yang sama2 nggak paham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*