Home / News / Sound News / Dedengkot Heavy Metal Jason Becker 27 Tahun Menderita ALS, Kini Kesulitan Bayar Pengobatan

Dedengkot Heavy Metal Jason Becker 27 Tahun Menderita ALS, Kini Kesulitan Bayar Pengobatan

KONTERKULTUR–Jason Becker adalah seorang dedengkot heavy metal kelas dunia. Dia pernah main di band bersama frontman Van Halen David Lee Roth. Dia juga pernah bermain satu band dengan Marty Friedman dalam Cacophony yang tersohor itu. Becker juga pernah bermain solo dan merilis Perpetual Burn.

Tapi kini dia sedang sedih luar biasa lantaran terkena penyakit Lou Gehrig’s Disease alias ALS, yang menyebabkan Becker kehilangan seluruh kemampuan motoriknya. Penyakit ini sudah 27 tahun dia derita. Dan selama itu pula dirinya tidak punya karya musik sama sekali.

Sempat dicoba dengan bantuan bahasa komputer agar Becker bisa mengkomposisi lagu dengan kedipan mata dan gerakan dagunya. Dan usaha itu didokumentasikan pada tahun 2012 dengan judul Jason Becker: Not Dead Yet.

Becker sekarang dalam kondisi yang sulit. Dia sudah nggak dapet lagi bantuan pengobatan dari asuransi kesehatannya. Otomatis semua biaya ditanggung oleh keluarganya sendiri.

Berhentinya bantuan pengobatan ini disebabkan kebijakan baru tentang bantuan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah Trump. Kebijakan itu tidak pro kepada orang-orang tidak mampu dan orang miskin dinegara itu. Dalam akun Facebooknya Becker menuliskan komentarnya tentang pembiayaan Trumpcare:

“American Healthcare Act menjanjikan pemotongan yang besar pada program yang saya dan setiap orang miskin, sakit, dan cacat lainnya andalkan untuk kehidupannya. Blokir dana Medicaid per kapita oleh negara akan berarti secara blak-blakan membuat orang-orang seperti saya jadi terlalu mahal untuk mengkover biayanya. Penghapusan batas-batas premi asuransi berarti orang-orang dengan kebutuhan perawatan medis mahal jadi nggak dibantuin. Saya pasti akan menjadi salah satu dari mereka yang terkena dampak. Terakhir, perusahaan asuransi tidak mau menutup pembiayaan layanan dasar, seperti rawat inap. Ini berarti, misalnya, pada saat saya terkena pneumonia, saya tidak akan mampu menjalani perawatan intensif yang saya perlukan untuk bisa bertahan hidup.”, jelas Becker.

Kondisi ekonomi di Amerika memang tidak seperti yang kita bayangkan. Rakyatnya juga masih banyak yang kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Kebijakan Trump banyak ditentang oleh para musisi underground ternyata benar-benar membuahkan kesengsaraan untuk rakyatnya.*[]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*