Home / News / Sound News / Dedengkot Punk IGGY POP Ajak Peduli Veteran Tentara Lewat Album Barunya
Iggy Pop (press)

Dedengkot Punk IGGY POP Ajak Peduli Veteran Tentara Lewat Album Barunya

 KONTERKULTUR–Dedengkot punk lawas asal Amerika, Iggy Pop merilis proyek album bersama drummer ARCTIC MONKEYS, Matt Helders. Album tersebut dinamai “Post Pop Depression”, dan melibatkan beberapa musisi lain diantaranya gitaris QUEENS OF THE STONE AGE, Josh Homme, dan Dean Fertita. Uniknya, tema-tema dalam album ini dibuat oleh Iggy Pop yang isinya mengajak orang untuk peduli dengan nasib veteran tentara di Amerika.

Iggy Pop menjelaskan bahwa album ini diangkat dari kisah para veteran militer. Didalamnya banyak menjadi medium curhat dari ex-vokalis THE STOOGES yang pernah merasakan hidup sebagai seorang tentara itu.

“Apa yang terjadi setelah Anda bertahun-tahun mengabdi (sebagai tentara) ? Dan sekarang tidak dihormati ?,” tanya vokalis berusia 68 tahun tersebut, seperti dilansir dari laman NME, Jumat (22/1/2016).

“Dalam kehidupan di Amerika, karena begitu hiperkompetitif, apa yang terjadi ketika Anda akhirnya tidak berguna bagi semua orang kecuali bagi Anda sendiri? Apa yang terjadi kemudian?,” tambahnya.

“Dan apakah Anda akan menjadi diri Anda sendiri? Saya menyelami karakter itu dalam pikiran saya. Itu semacam persilangan antara diriku menjadi seorang veteran militer,” sambung Iggy.

Walaupun empat musisi lain yang ikut memainkan musik dalam album ini, namun Iggy Pop tetap menjadi pioneer dalam menentukan seluruh konsep isinya. Namun, konsep album ini dinilai cukup kontroversi dikalangan pemikir punk, karena citra militer dikalangan punk adalah pelaku penindasan dan alat perang.

Album ini memang tidak ketahuan proses penggarapannya. Sebagaimana yang diakui oleh Iggy Pop kepada New York Times, bahwa album ini direkam secara rahasia bersama Matt, Josh dan Fertita.

Rencananya album ini akan dirilis pertama kalinya di Inggris pada 18 Maret mendatang.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.