Home / News / Sound News / Eddie Vedder ‘PEARL JAM’ Pernah Permalukan Zionis Israel Diatas Panggung
(foto: craveonline)

Eddie Vedder ‘PEARL JAM’ Pernah Permalukan Zionis Israel Diatas Panggung

KONTERKULTUR–Setelah dengan bersemangat menyampaikan pidato anti peperangan di Inggris 11 Juli 2014 lalu di Inggris, vokalis Pearl Jam, Eddie Vedder kembali memberikan kritikannya pada kondisi perang yang oleh banyak pihak dinilai “menyindir” invasi Israel di Palestina yang makin menjadi-jadi di bulan Ramadhan ini.

Seperti dilansir oleh blabbermouth.net (17/07/2014), Eddie secara resmi menulis di web resmi band mengenai sikapnya pada kondisi peperangan yang ada saat ini. Berikut adalah cuplikan tulisan Eddie Vedder,

“Saat ini, saya pribadi sangat berharap. Harapan yang muncul dari banyaknya manusia beruntung, yang masih bisa menyaksikan konser demi konser kami disini (Eropa). Senang rasanya bisa melihat berbagai bangsa hidup secara damai, dan hal inilah yang sangat mengispirasi saya untuk menyampaikan rasa empathy ini.

Menyampaikan pesan perdamaian di setiap konser rock band kami, merupakan salah satu upaya yang tak akan berhenti saya lakukan. Anda boleh saja menganggap saya naïf. Dan menurut saya, lebih baik saya dibilang naïf dan penuh mimpi, hal ini lebih baik daripada memutuskan diam karena takut pada kesalahpahaman dan pembalasan.

Saya berharap, suatu hari kalian akan mengikuti langkah kami ini…”

Pernyataan sang vokalis tersebut sontak membuat banyak pihak geram, terutama media-media Israel. Bahkan seorang DJ rock asal Israel, Ben Red, yang semula gencar ingin mengundang Pearl Jam untuk konser Israel mengatakan “Eddie Vedder, topengmu sudah terbuka sekarang. Kamu benar-benar tidak akan kami undang kemari (Israel). Secara pribadi aku sangat tidak ingin bertemu denganmu, aku akan mengekspose siapa dirimu sebenarnya, sebelum kami menghapus halaman facebook (yang dibuat untuk mengundang Pearl Jam) untuk Israel.

Sementara itu para fans di akun facebook Pearl Jam sendiri memiliki tanggapan yang beragam, mulai dari yang menghina sikap idolanya tersebut sampai yang berusaha membela sang vokalis, Eddie Vedder. Berikut ini adalah video penampilan Pearl Jam yang dengan santainya mengkritik segala macam bentuk peperangan. Israel, jangan kesindir ya !

Rep: Marko

Red: innah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.