Home / News / Sound News / Ex-Frontman MY CHEMICAL ROMANCE: “Bahagia itu sederhana”
Gerard Way, Bahagia itu sederhana(foto: http://imm.dh.obdurodon.org/codex/entry/gerard/)

Ex-Frontman MY CHEMICAL ROMANCE: “Bahagia itu sederhana”

KONTERKULTUR–Apa yang belum didapatkan band sekelas My Chemical Romance? Band ini lah yang terbaik di masanya. Bagi banyak orang, band ini seperti jelmaan The Misfits. Dengan suasana gothic yang khas, namun dengan lirik yang tetap unik seperti kebanyakan band Punk. Gelap bukan melulu bercerita kematian, bisa juga bercerita cinta, suka cita dan hal-hal yang menggugah lainnya. Wajar kalau band ini sangat disukai anak-anak muda masa kini.

Banyak orang bertanya, mengapa Gerard Way, sang vokalis My Chem, tiba-tiba saja keluar dari band yang dibesarkan bersama Frank Iero, Ray Toro dan Mikey. Sudah 13 tahun umur band ini. Gerard menciptakan, mengkompisisi bahkan menulis lirik-lirik dari hits-hits terbaik yang pernah ditelurkan My Chem.

Sekarang dia malah memilih jalannya sendiri, bersolo karir. Itu berarti memulai semuanya dari nol. Kembali seperti sedia kala saat dulu My Chem bukanlah siapa-siapa. Tentu para fans pastinya kecewa. Banyak dari mereka jadi antipati terhadap band. Tapi banyak juga yang mendukung keputusan Gerard. Itu adalah hak mereka.

Penyanyi berusia 37 tahun ini ingin hidup normal. Sudah bosan dengan gaya hidup superstar. Dia sekarang punya keluarga. Punya anak perempuan yang cantik yang butuh kasih sayang ayahnya. Dia tidak bisa melulu pergi jauh dari keluarga.

“Saya telah banyak ditanyai,’mengapa keluar?’. Fans bingung dengan keputusan saya. Tapi inilah saya. Saya punya hak untuk itu. Seorang asing pernah bertemu di jalan dan bertanya pada saya,’apa kamu tidak menyesal? Kamu kehilangan berjuta-juta dollar’. Tapi bukan itu yang saya cari! My Chemical Romance tidak memberi efek apa-apa bagi keuangan keluarga saya” ujarnya.

Dia hanya meminta semua orang untuk memahami keputusannya sebagai keputusan pribadi. “Saya pun tidak takut dikucilkan setelah keputusan ini,” tegasnya. Dia hanya ingin fokus pada keluarga. “Saya sangat mencintai mereka (istri dan anaknya,” tuturnya terharu.

Dia menikahi bassis Mindless Self Indulgence, Lyn-Z, di tahun 2007 silam. Sekarang mereka telah dikarunia seorang anak perempuan bernama Bandit, di tahun 2009 lalu. Sekarag Gerard hanyalah serigala kesepian di tengah industri musik yang semakin bergeliat.

“Saya tidak takut. Saya memilih untuk mengubur nama besar My Chemical Romance yang selalu melekat pada sosok Gerard Way. Hidup saya bebas sekarang. Tidak harus diatur-atur demi sebuah citra,” dia tersenyum.

Ketika meluncurkan album solo perdananya berjudul Hesitant Alien, dia ditanya, apakah keputusan keluar dari band itu merupakan bentuk alienasi dirinya? “Tentu saya bukan menyingkirkan diri. Tapi saya justru ingin kembali ke jalan yang normal. Kan hal yang wajar jika seseorang mengalami hidup secara pasang-surut. Itu prinsip saya selama ini,” tutupnya.

Jadi, bahagia itu sederhana kan?*[KK]

Oleh: Bang Bokir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.