Home / News / Other News / Fenomena Artis Bunuh Diri Karena Depresi di Korea Selatan
Artis Korea yang bunuh diri karena depresi (sumber: japanentertainmenttumblr)

Fenomena Artis Bunuh Diri Karena Depresi di Korea Selatan

KONTERKULTUR–Korea Selatan (Korsel) saat ini sedang naik daun dengan gaung perekonomiannya. Tetapi, sebagai sebuah negara, tentu Korsel juga memiliki masalah internal dan eksternal. Selain prestasinya sebagai negara terbesar ke 109 di dunia, negeri ginseng tersebut juga memiliki angka bunuh diri yang cukup tinggi.

Tidak main-main. Angka bunuh diri di Korsel menempati urutan tertinggi ketiga di dunia setelah Greenland dan Lithuania. Secara keadaan ekonomi, tidak ada masalah yang berarti tentang kehidupan warga di sana. Kebanyakan dari mereka melakukan bunuh diri karena permasalahan psikologi.

Buktinya, kelima artis terkenal Korsel ini melakukan aksi bunuh diri. U Nee misalnya. Karirnya sebagai penyanyi, rapper, dancer dan aktris sudah dikenal publik sejak berusia 17 tahun. Pada saat aksi bunuh diri (2007, red), U Nee tidak meninggalkan catatan apapun. Tetapi dalam konferensi pers, ibunya mengatakan bahwa ia telah mengalami depresi masalah pribadi dalam seluruh kehidupannya.

Sebagaimana yang dilansir dari www.sickchirpse.com, tulisan terakhirnya di media sosial berbunyi, “ Aku merasakan bahwa segalanya kini menjadi hampa. Aku tidak tahu ke mana aku berjalan.”

Sama halnya dengan U Nee, seorang artis, blogger, dan model ternama asal Korea, Daul Kim juga mengalami masalah depresi.

Hal serupa juga dirasakan oleh aktris Korea, Jang Ja Yeon yang merasakan tekanan depresi justru dari agennya sendiri, Kim Sung Hon. Berdasarkan catatan Ja Yeon, agennya tersebut telah memukulnya dan memaksanya untuk melakukan hubungan suami istri dengan direktur, media eksekutif, dan CEO perusahaan. Akhirnya Jang Ja Yeon bunuh diri dengan gantung diri sebagai pelarian depresinya.

Beberapa peristiwa bunuh diri yang dilakukan para artis tersebut seakan menguatkan bahwa faktor depresi dan psikologi memiliki pengaruh yang besar. Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat Korsel menjadi negara dengan angka bunuh diri yang cukup tinggi.*[KK]

Rep: Aik

Red: Ramadhan Nanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.