Home / News / Sound News / Film Dokumenter Bruce ‘IRON MAIDEN’ di Sarajevo Diputar Perdana di Bosnia
Bruce Dickinson (foto: jide-salu.com)

Film Dokumenter Bruce ‘IRON MAIDEN’ di Sarajevo Diputar Perdana di Bosnia

KONTERKULTUR–Sebuah dokumenter tentang sejarah konser Bruce ‘IRON MAIDEN’ pada tahun 1994 bersamaan dengan pembantaian umat muslim di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina, dirilis oleh sang vokalis, Bruce Dickinson.

Konser peduli korban pembantaian yang dilakukan oleh tentara Serbia kepada rakyat Bosnia pada tahun 1994 itu diabadikan dalam sebuah film berjudul “Scream For Me Sarajevo” yang rencananya akan ditayangkan secara premier di Sarajevo Film Festival ke 22.

Rencananya festival itu digelar pada tanggal 12 hingga 20 Agustus 2016 ini.

Ada 200 Film yang akan discreening dalam event tersebut. Isinya rata-rata tentang serangan sadis oleh Serbia kepada muslim Bosnia pada 1992 hingga 1995 lalu di Sarajevo (lihat video BBC dibawah).

Film “Scream For Me Sarajevo” ditulis oleh Jasenko Pasic, didirektori oleh Tarik Hodzic dan di produseri oleh Prime Time Productions.

Sang Produser, Pasic, mengatakan : “Saya kepikiran ide ini menjadi sebuah film disuatu malam saat saya membaca sejarah Chris Dale tentang konser Bruce Dickinson yang pernah dilakukan pada tahun 1994 di Sarajevo. Kemudian saya mulai mencari orang-orang yang dulu pernah menjadi saksi BKC pada malam itu dan cerita yang saya dapatkan itu saya masukkan dalam film. Tatjana Bonny, Alex Elena, Tarik Hodzic dan Adnan Cuhara adalah orang-orang yang sama-sama membuat film ini bersama saya. Dimana mereka akan mengungkap seluruh kejahatan dan kondisi mencekam dari pembantaian di Sarajevo, dan bagaimana orang-orang bisa hidup normal dalam kondisi lingkungan yang seperti itu. ‘Scream For Me Sarajevo’ adalah sebuah film tentang kehidupan.”

Pertama kali Bruce Dickinson di Sarajevo, kota tersebut nggak dipandang sama sekali oleh masyarakat dunia. Para penduduknya diteror secara brutal, dibombardir, dan mengalami kelaparan yang luar biasa, bahkan persediaan air sangatlah minim sekali. Bruce bersama band-solonya melewati garis depan dan membuat sebuah show untuk orang-orang yang terjebak di kota tersebut. Itulah yang disampaikan Bruce dalam film dokumenter tersebut.

Film ini juga yang menjadi gambaran bagaimana 8.000 penduduk muslim Bosnia dibantai secara sadis oleh tentara Serbia. Semoga sejarah berdarah ini nggak pernah terlupakan agar bisa diambil pelajaran.*[KK]

 

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.