Home / Bedah Karya / Bedah Film / Film “The Decline of Western Civilization” Ternyata Pernah Terlarang Beredar di Los Angeles

Film “The Decline of Western Civilization” Ternyata Pernah Terlarang Beredar di Los Angeles

KONTERKULTUR–The Decline of Western Civilization adalah sebuah film dokumenter yang dibuat pada tahun 1979 dan 1980-an tentang kondisi scene punk di Los Angeles. Film yang dikerjakan oleh Penelope Spheeris itu ternyata pada tahun 1981 pernah masuk dalam daftar polisi sebagai film yang tidak boleh lagi ditayangkan di Los Angeles.

Judul dari film ini ditengarai terinspirasi dari jurnalis musik Lester Bangs ketika menulis tentang band The Stooges “Fun House” untuk majalah Creem. Ditulisan itu, Bangs mengutip perkataan seorang teman yang mengatakan tentang popularitas The Stooges kemudian terucap kalimat “the decline of civilization”.

kover depan The Decline of Civilization bagian pertama yang dirilis awal 80-an. (wikipedia)

kover depan The Decline of Civilization bagian pertama yang dirilis awal 80-an. (wikipedia)

Kemungkinan lain, judul itu ada kaitannya dengan buku bacaan Darby Crash, vokalis Germs, yang berjudul Der Untergang des Abendlandes yang artinya “The Decline of the West, karangan Oswald Spengler.

Film ini adalah pembuka untuk trilogi dokumenter yang menggambarkan kondisi scene musik di Los Angeles. Film kedua yang menjadi lanjutannya adalah The Decline of Western Civilization Part II: The Metal Years yang menggambarkan bagaimana scene heavy metal di Los Angeles pada 1986-1988. Sedangkan film ketiganya adalah The Decline of Western Civilization III yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan dan gaya hidup anak-anak muda gelandangan yang kemudian dikaitkan dengan punk pada akhir 90-an.

Ada beberapa personel band punk legendaris semacam X, CIRCLE JERK, BLACK FLAG, FEAR, GERMS, dan lainnya dalam film ini, yang termasuk pula mengisi soundtrack didalamnya.

Film ini mungkin bisa menjadi sebuah ‘ramalan’ bagi peradaban Barat yang semakin lama mengalami kehancuran. Ini bisa mengingatkan kita bahwa tidak semua yang berasal dari Barat bisa kita adopsi begitu saja. Banyak pertentangan di Barat justru bersumber dari dalam masyarakat mereka sendiri.

Film ketiga dalam trilogi ini akan dirilis di akhir bulan Juni 2015 ini. Kita lihat bagaimana gaya hidup yang dihasilkan Barat yang justru menghantam peradaban Barat sendiri.*[]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.