Home / Bedah Karya / Bedah Film / Film ‘The Decline Of Western Civilization’, Gambaran Perlawanan Scene Musik di Barat

Film ‘The Decline Of Western Civilization’, Gambaran Perlawanan Scene Musik di Barat

KONTERKULTUR–Pada 30 Juni 2015 mendatang akan dirilis sebuah film trilogi dokumenter berjudul “The Decline Of Western Civilization” yang artinya “Kemunduran dari Peradaban Barat” oleh produsen bernama Shout! Factory.

Ketiga film tersebut adalah Penelope Spheeris’ “The Decline Of Western Civilization” (yang pernah dibuat pada tahun 1980), “The Decline Of Western Civilization Part II: The Metal Years” (yang pernah dibuat pada tahun 1988) dan “The Decline Of Western Civilization Part III” (yang pernah dibuat pada tahun 1998), serta sebuah buku 40 halaman tentang essay yang ditulis oleh ahli sejarah musik rock Domenic Priore, yang berjudul “Riot On Sunset Strip: Rock ‘N’ Roll’s Last Stand In Hollywood”. Didalamnya juga terdapat interview bersama Dave Grohl yang dilakukan pada Februari 2015 lalu.

Ketiga film dan 1 buku tersebut akan dijual dalam bentuk box-set yang tidak terpisah-pisah.

Film ini akan dijual secara bebas di toko online seperti Amazon.com dan Shoutfactory.com.

Dalam film “The Decline Of Western Civilization” yang langsung di supervisi oleh Spheeris berisi tentang semangat perlawanan yang dilakukan pada jaman film tersebut dibuat. Sentuhan vintage dalam film tersebut memberikan nuansa yang asli yang sedang terjadi pada saat itu.

Pada tahun 1981 lalu, Spheeris mengatakan bahwa sebenarnya saat itu adalah saat yang tepat untuk melakukan pemutaran perdana film “The Decline of Western Civilization”. Saat itu ada ribuan fans yang datang memenuhi pelataran Hollywood. Ada sekitar 300 polisi datang pula ke tempat itu.

Yang menarik dari film ini adalah ketika didalamnya dibahas tentang perlawanan terhadap industri film musik mainstream, disco music dan berbagai kelicikan didalamnya.

Ada para personel band punk legendaris semacam X, CIRCLE JERK, BLACK FLAG, FEAR, GERMS, dan lainnya dalam film ini.

Dalam film yang kedua, “The Decline Of Western Civilization Part II: The Metal Years” (1988) banyak membahas gerakan musik metal pada era 80-an. Didalamnya ada bahasan tentang Alice Cooper, Ozzy Osbourne, POISON, members of AEROSMITH, KISS, MOTÖRHEAD, dan penampilan MEGADETH, FASTER PUSSYCAT, LIZZY BORDEN, LONDON, ODIN dan SEDUCE.

Pada 1998, yang dibahas dalam seri film yang berikutnya, “The Decline Of Western Civilization Part III”, banyak menggambarkan betapa banyaknya pemuda yang hidup menggelandang, dan kehidupan yang menyedihkan yang dialami mereka, seperti alienasi dan kecanduan alkohol.

Ketiga film ini mungkin bisa menjadi sebuah ‘ramalan’ bagi peradaban Barat yang semakin lama mengalami kehancuran. Ini bisa mengingatkan kita bahwa tidak semua yang berasal dari Barat bisa kita adopsi begitu saja. Banyak pertentangan di Barat justru bersumber dari dalam masyarakat mereka sendiri.*[]

Editor: Markonah

One comment

  1. salah satu dokumenter yang sangat direkomendasikan untuk mengetahui sub kultur pada tahun itu .. dan Reyes masih di Black Flag ( Vol 1 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*