Home / News / Art News / Foto Wajah Ideal Dengan Fotografi Berbasis Brain Wave Measures
Foto sebelum dan sesudah dimanipulasi (Photo courtesy: Scott Chasserot, Original/Ideal Project)

Foto Wajah Ideal Dengan Fotografi Berbasis Brain Wave Measures

KONTERKULTUR–Memiliki bentuk wajah cantik dan ideal merupakan impian bagi banyak orang. Tak heran jika kini aneka gadget seolah “banjir” aplikasi praktis yang menawarkan ragam cara editing foto wajah manusia. Sebuah cara instant untuk mendapatkan potret wajah impian.
Kali ini kreativitas datang dari seniman fotografi, Scott Chasserot yang memadukan teknik fotografi dengan peralatan medis yakni EEG (ElectroEncephaloGram) yang digunakan dunia kedokteran untuk mengukur gelombang otak.

Dikutip dari huffingtonpost.com (09/10/2014), cara kerja dari teknik fotografi Chasserot ini adalah mewujudkan keinginan user/klien untuk mengubah potret wajah sesuai dengan yang ada dalam fikirannya. Dalam studio fotonya, Chasserot memfoto kliennya terlebih dahulu. Klien yang setelah pengambilan foto pertama tersebut selanjutnya akan memakai EEG headset yang selanjutnya akan merekam gelombang otak mereka yang bereksi saat melihat foto asli wajah mereka.

Output yang dihasilkan dari rekaman EEG headset tersebut adalah grafik-grafik gelombang otak yang merepresentasikan keinginan klien untuk mewujudkan wajah ideal dalam fikirannya. Selanjutnya dengan bantuan software, Chasserot membuat berbaga macam rekayasa untuk menampilkan foto wajah ideal dari yang diinginkan oleh klien. Hasilnya, foto hasil rekayasa Chasserot akan menampilkan potret baru dari wajah klien yang menurut mereka adalah potret wajah ideal.*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny Adiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.