Home / News / Sound News / Frontman Run-DMC: “Jay-Z dan Lil Wayne bikin Hip-Hop jadi seperti sampah!”
Darryl McDaniels (tengah) Run-DMC (foto: brandfire.com)

Frontman Run-DMC: “Jay-Z dan Lil Wayne bikin Hip-Hop jadi seperti sampah!”

KONTERKULTUR–Darryl McDaniels, frontman Run-DMC, grup hip-hop legendaris asal New York, mengkritik perkembangan subkultur hip-hop masa kini. Akibat kepentingan komersial, artis hip-hop sekarang ini tidak mempedulikan pesan dalam lirik-lirik mereka.

Dalam sebuah wawancara terbaru, pria 49 tahun yang akrab dipanggil DMC ini mempertanyakan tanggung jawab moral Jay-Z dan Lil Wayne. “Jay Z dan Lil Wayne sangat tidak keren. Mereka cuma tukang cuci otak untuk para penggemar hip-hop yang bodoh,”.

DMC yakin, modern hip-hop tidak lebih dari sekedar sampah. Terutama para artisnya. “Orang Amerika bodoh. Mereka mengelu-elukan rapper yang berkata ‘yeah, saya pengedar narkoba. Saya bangga dengan ini’. Alasan kenapa hip-hop tetap hidup karena hip-hop selalu dimulai dengan niat yang baik. Tanpa ada niat bikin kotor, tidak terhormat, dan kekanak-kanakan,”.

DMC menambahkan. “Kalau kamu membuat lagu tentang kekerasan, berarti hidup kalian memang sedang dibawa menuju kekerasan. Kalau kamu membuat lagu tentang pelacur, kamu membayangkan ibu kamu yang bekerja seharian untuk menyekolahkanmu. Itu yang dilakukan Lil Wayne dan Jay-Z. Apa mereka sadar? Saya pikir tidak,”

Run-DMC adalah grup hip-hop legendaris. Mereka menciptakan subkultur tersendiri di kalangan pemusik. Mereka juga terkenal atas sikapnya yang positif. Salah satu lagunya berjudul “Pause” berisi tentang sikap mereka yang anti-drug.*[KK]

Rep/Red: Bokirov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.