Home / News / Sound News / Gambarkan Yesus Naik Harley, Band Heavy Metal Ini Mengaku Menyampaikan Ajaran Kristen

Gambarkan Yesus Naik Harley, Band Heavy Metal Ini Mengaku Menyampaikan Ajaran Kristen

KONTERKULTUR–Sejak awal kemunculannya, kebebasan berekspresi dan sikap memberontak merupakan beberapa daya tarik utama dari keberadaan band-band rock dan black metal. Hal ini terkadang juga dibarengi dengan perilaku mayoritas para personil band metal yang juga mengekspresikan pemberontakannya terhadap ajaran agama, khususnya ajaran Kristen. Sebut saja penyanyi rock Marilyn Manson yang terang-terangan menyebut kebenciannya pada ajaran Kristen, atau band metal Behemoth yang kental dengan karya musik mereka yang bernuansa iblis dan setan.

Tapi, pada kenyataannya saat ini juga mulai banyak bermunculan aliran musik black metal yang digunakan untuk mempromosikan agama dan memberontak pada perbuatan dosa. Salah satu grup band metal yang memiliki misi “promosi” ini adalah The First Heavy Metal Church of Christ (TFHMCC). Grup band metal yang berawal dari komunitas yang memiliki misi untuk mengajak para penggemarnya berada dibawah naungan kristus. Dalam situs resminya yaitu heavymetalchurch.com, band TFHMCC secara gamblang menuliskan bahwa mereka akan dengan senang hati menerima penjahat, anggota geng, pelacur maupun pengguna narkoba untuk bergabung dalam komunitas mereka.

Meski demikian, salah satu hal aneh yang mereka gunakan saat mempromosikan band TFHMCC adalah “kengawuran” mereka dalam mempergunakan simbol-simbol agama. Dilansir dari metalinjection.net (13/02/2015), TFHMCC bahkan membuat brosur konser dengan bergambar tuhan mereka sendiri, Yesus, yang sedang menaiki motor Harley Davidson.

i-spent-sunday-in-the-first-heavy-metal-church-of-christ-212-body-image-1423762588

Dalam konser yang mereka adakan pada 08 Februari 2015 lalu, mereka juga mengikutsertakan para pemuka gereja yang merupakan anggota dari komunitas TFHMCC. Salah satu pemuka gereja, pastur Brian yang turut serta dalam konser juga menyampaikan sambutan di atas mimbar. Pastur Brian menyatakan kebanggaannya pada TFHMCC yang dinilai membantu misi menyebarkan ajaran kristus, meski pada kenyataannya harus menggunakan kebebasan pada simbol-simbol keagamaan yang harusnya bersifat sakral.

Kalau tuhannya sendiri aja berani digambarkan sembarangan begitu, lalu sebenarnya band TFHMCC ini lebih cocok disebut band rellijius atau band yang menodai ajaran kristen ya?*[KK]

Rep: Abu

Red: Hanny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.