Home / News / Sound News / Genap 20 Tahun Richey Edwards ‘MANIC STREET PREACHERS’ Menghilang
Richey Edwards hilang entah kemana (Photograph: Getty Images Johansen Krause/Getty)

Genap 20 Tahun Richey Edwards ‘MANIC STREET PREACHERS’ Menghilang

MANIC STREET PREACHERS adalah band british rock legendaris yang sampai saat ini belum juga menemukan kejelasan atas hilangnya salah satu personel utama mereka, Richey Edwards. Saat diwawancarai pada peringatan 20 tahun hilangnya Sang Gitaris yang pemikiran radikal itu, Rachel Elias yang merupakan saudara perempuan dari gitaris Manic Street Preachers (MSP) tersebut masih merasa sangat kehilangan namun di lain sisi juga masih berharap bahwa saudaranya tersebut pada suatu saat akan ditemukan.

Richey Edwards dinyatakan hilang pada 1 Febriari tahun 1995. Sesaat sebelum dinyatakan menghilang, gitaris ini diketahui keluar dari hotel pada saat tur grup band MSP di Amerika Serikat. Mobil Richey ditemukan terparkir di dekat jembatan Severn dan semakin memperkuat dugaan bahwa dia telah mengakhiri hidupnya di daerah tersebut, dikutip dari mirror.co.uk (01/02/2015).

Meski telah dinyatakan meninggal pada tahun 2008, namun kenyataannya tubuhnya tidak pernah ditemukan. Pasca hilangnya Richey, berbagai misteri kematian dan rumor pun bermunculan seperti anggapan bahwa Richey merasa depresi dan tertekan sebelum memutuskan mengakhiri hidup dengan bunuh diri.

Namun demikian, sang saudara perempuan, Rachel Elias yang kini telah berusia 45 tahun masih terus melakukan pencarian terhadap Richey. Bahkan pencarian tersebut juga dilakukan oleh anggota keluarga yang lain seperti ayah Richey yang pada akhirnya meninggal pada tahun 2012 karena penyakit kanker. Dengan bantuan situs pencarian orang hilang via internet, Rachel terus memantau perkembangan berita kemungkinan ditemukannya Richey. Dalam situs pencarian orang hilang tersebut sendiri rata-rata mengidentifiksi 10 bagian tubuh orang yang hilang setiap harinya.

Meski kami telah menyatakan kematian Richey pada tahun 2008 lalu, namun itu hanyalah asumsi kami semata.” Rachel menambahkan, “Kami menyadari mungkin inilah takdirnya (Richey, red), namun anda tidak bisa langsung mengatakan bahwa semua telah berakhir. Mungkin beberapa hal akan bisa diterima apabila memang seseorang telah ditemukan meninggal, namun untuk kasus hilangnya seseorang ditambah dengan ketidakpastian seperti ini tentu sangat berbeda.”

Di musim panas terakhir sebelum dinyatakan menghilang, Richey memang diketahui memiliki ketergantungan alkohol, anorexia, dan depresi yang mengharuskannya datang pada seorang psikiater di rumah sakit Whitchurch. Akan tetapi proses terapi Richey di rumah sakit tersebut hanya berjalan sebentar karena Richey bersama band-nya memilih melanjutkan promosi album mereka yang berjudul “Holy Bible”. Aksi panggung terakhir Richey tercatat pada tanggal 21 Desember 1994, tepat sehari sebelum dia merayakan hari ulang tahunnya pada 22 Desember.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Innah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.