Home / News / Sound News / Henry Rollins Batal Konser di Negara Penjajah Israel: “Ini bukan karena saya boikot Israel”
Photo: DAN DENNISON/NME

Henry Rollins Batal Konser di Negara Penjajah Israel: “Ini bukan karena saya boikot Israel”

KONTERKULTUR–Baru-baru ini media massa memberitakan bahwa mantan vokalis BLACK FLAG, Henry Rollins telah menunda pertunjukannya yang dijadwalkan sebelumnya di Tel Aviv Havana Club, Israel pada 5 Februari 2016 mendatang.

Isu pembatalan tersebut sempat membuat para aktivis pro kemerdekaan Palestina senang, karena dianggap bahwa Henry Rollins melakukan itu demi kepeduliannya terhadap penindasan yang dilakukan Israel kepada rakyat Palestina selama puluhan tahun lamanya.

Aktivis pro-Palestina, Yael Kahn mengaku telah diberitahu bahwa pembatalan pertunjukan itu sebagai hasil dari kampanye tekanan terhadap konser Henry Rollins ‘di Tel Aviv.

Namun dalam pernyataan yang dikeluarkan kemarin (18 Januari 2016), Henry Rollins malah membantah bahwa tidak ada keterkaitan antara kampanye boikot Israel dengan pembatalan konsernya.

Dia menulis:. “Saya, sebagaimana NME melaporkan, tidak menarik diri dari acara saya di Tel Aviv, Israel karena tekanan dari berbagai pihak. Saya membatalkan konser di Tel Aviv karena saran dari agensi saya, yang hanya memiliki sedikit waktu ketika janjian ​​dengan promotor. Kelak saya masih berpikir untuk bikin acara lagi di Tel Aviv.”

Selain itu, Henry Rollins juga menyatakan bahwa dirinya sebenarnya sangat tidak setuju dan menentang apa yang dilakukan Israel kepada rakyat Palestina, namun baginya aksi boikot bukanlah cara yang tepat.

“Saya tidak berpikir bahwa aksi boikot adalah cara yang baik untuk dilakukan. Namun aku juga tidak setuju dengan apa yang dilakukan Israel kepada Palestina, dan saya sangat-sangat tidak setuju. Saya pikir ide, diskusi, dan perspektif lain bisa menyebabkan perubahan lebih dari pada boikot,” jelasnya.

Disisi lain, banyak pemikiran anarkis dan punk yang menganggap bahwa aksi boikot adalah aksi memiliki dampak yang besar. Seperti dilakukan oleh Oi Polloi, Angelic Upstarts, maupun Propagandhi yang sangat menentang apartheid yang dilakukan Israel terhadap Palestina.*[KK]

Rep: Marko

Red: Jamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.