Home / Artikel / Kenal Tokoh / Henry Rollins ‘BLACK FLAG’ Mengungkapkan Kemarahan-kemarahannya
Photo: DAN DENNISON/NME

Henry Rollins ‘BLACK FLAG’ Mengungkapkan Kemarahan-kemarahannya

KONTERKULTUR–Henry Rollins, yang selama ini dikenal sebagai vokalis band hardcore punk BLACK FLAG bicara tentang topik mengembalikan punk kepada aktivitas yang politis. Selain itu, Rollins juga bercerita tentang kemarahan-kemarahannya terhadap kondisi dunia saat ini. Pembicaraan itu dilakukan bersama Big Think dan dipublikasikan dalam website mereka.

Rollins mengatakan dalam pengantarnya, “Mempertanyakan apa saja dan segala sesuatu untuk saya adalah punk rock. Aku menemukannya demonstrasi yang menakjubkan terjadi di seluruh dunia, di Twitter, Facebook, revolusi flash mobbing yang terjadi di seluruh dunia yang memang mengubah pemerintah, mengusir orang-orang seperti Hosni Mubarak (mantan presiden Mesir) dan mengubah pikiran orang. ”

Ketika ditanya, apa yang membuat dirinya merasa marah. Rollins menjawab,

“Saya adalah orang yang hampir setiap waktu marah karena saya melihat banyak sekali hal yang terjadi di dunia ini yang membuat saya marah. Tapi hal yang mendapatkan sebagian besar perhatian saya marah secara bijaksana adalah bahwa ayam kapitalisme telah kembali bertengger. Itulah mengapa Anda melihat banyak tekanan-tekanan lagi di tempat-tempat seperti Kairo, Mesir, Israel, Yaman, Tunisia, Suriah dan sekarang Occupy Wall Street di Amerika.”

Henry Rollins juga merasa sangat marah karena ternyata yang melakukan seluruh kejahatan dinegara-negara itu adalah tanah airnya sendiri, yaitu Amerika.

“Dan jadi aku marah tentang apa yang telah dilakukan atas nama negara saya, apa yang telah dilakukan atas nama demokrasi dan apa yang telah dilakukan atas nama keadilan dan itulah yang membuat saya marah dari apa pun yang saya pikirkan.”*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*