Home / Artikel / Gaya Hidup / Hidup Sehat ala John Joseph ‘CRO-MAGS’
John Joseph sedang menjelaskan cara membuat jus vegetarian

Hidup Sehat ala John Joseph ‘CRO-MAGS’

SEMUA Hardcore-Kids pasti tahu Cro-Mags. Band yang terkenal sejak akhir 80-an ini, sekarang pun masih eksis. Mereka dikenal sebagai pengusung utama gerakan straight edge. Lebih-lebih lagi soal vegetarianisme.

John Joseph, frontman Cro-Mags, disegani sebagai salah satu vokalis hardcore bersuara paling khas. Dia dikenal juga lewat aksi-aksi propaganda hidup sehat. Jadi, selain sibuk manggung, ternyata dia juga seorang trainer untuk gaya hidup sehat. Bahkan ia punya Healthy Living Centre di New York, khusus untuk memberi pencerahan kepada orang-orang yang ingin hidup sehat, khususnya yang sekarang sedang menggalakkan pola makan Food Combining.

Berikut ini gaya hidup sehat menurut John Joseph dalam wawancara bersama Punknews.org:

Pertama, kurangi makanan tidak sehat. Menurut John, meskipun itu sayur-sayuran, haruslah yang organik, tidak berbahan kimia. “Perbanyak sayuran itu bagus. Tapi kamu harus tahu juga, apakah sayuran itu organik atau berbahan kimia. Memang, makanan sehat itu mahal. Tapi lebih mahal lagi biaya perawatan rumah sakit” ujar John.

Kedua, jangan merokok, jangan mabuk, jangan nge-drug. “Sejak berkenalan dengan Hardcore, terutama lewat pengaruh Bad Brains (Band Hardcore legendaris asal Washington DC), saya memutuskan berhenti minum bir, merokok dan pakai narkoba. Apakah kalian pernah dengar, di sebuah panggung, si artis berkata,’Maaf, hari ini kita main jelek. Tadi malam kita mabuk berat’. Hahaha. Saya cuma ingin bilang, dasar bodoh!” ujar John sambil terus tertawa.

Ketiga, rutin olahraga. John dikenal sebagai atlit triatlon. Dia bersepeda, berenang, berlari dan berbagai macam olahraga dilakoninya demi menjaga kebugaran. “Orang-orang di sekitar saya, mati karena obesitas (kegemukan). Saya tidak ingin mengikuti jejak mereka,” ucap John.

Dalam wawancara itu, John juga ditanya,”Lalu, apa hubungannya antara hidup sehat dengan Punk-Rock?”.  John menjawab,”Kalau kamu seorang Punk, kamu bicara tentang kebebasan. Tidak ada seorang pun berkata, Punk itu hidup tak sehat. Itu sangat tidak Punk! Kamu bisa lihat sekarang, saya tetap bisa manggung di umur setengah abad ini. Mengapa anak-anak muda sekarang, loyo di panggung?” ujar pria kelahiran 1962 ini.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Che Guemarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*