Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / [Infografis] Waspada! Bahan-bahan Terlarang Ini Berpotensi Memperpendek Usia Anda
(treatment4addiction.com )
(treatment4addiction.com )

[Infografis] Waspada! Bahan-bahan Terlarang Ini Berpotensi Memperpendek Usia Anda

KONTERKULTUR–Para perokok dan pecandu alkohol serta obat-obatan terlarang nampaknya harus lebih waspada dan secepatnya menghentikan kebiasaan buruk mereka. Dikutip dari dailymail.co.uk (13/10/2014), penelitian baru para ahli kesehatan telah mampu memperkirakan rata-rata usia kematian, bahkan hitungan tahun berkurangnya umur akibat seseorang rutin mengkonsumsi rokok, minuman keras dan obat-obatan terlarang seperti heroin dan kokain.

Para peneliti dari pusat kesehatan Amerika ini mempublish hasil penelitian mereka pada masyarakat melalui data statistik yang ditampilkan dalam beragam poster infografis. Dari beragam grafik dan infografis tersebut, publik dapat dengan mudah mengetahui secara detail bahaya dari konsumsi rokok, alkohol dan beberapa obat terlarang lainnya. Yang lebih mencengangkan adalah para peneliti tersebut dapat menghitung berkurangnya bilangan umur seseorang pada tiap pengunaan bahan berbahaya tersebut(rokok, alkohol, dsb).

Seseorang yang rutin merokok 1 pack cigarettes (20 batang) sejak usia 17 tahun, akan beresiko kehilangan 13% dari usia hidupnya, atau sama halnya dengan mengurangi masa hidup sebanyak 4,6 jam setiap mengkonsumsi 1 pack rokok. Untuk pecandu alkohol sendiri, tiap mengkonsumsi 2 botol alkohol akan mengurangi waktu hidup seseorang sebesar 14 jam atau jika mengkonsumsi alkohol rutin sejak usia 16 tahun, diperkirakan akan meninggal pada usia 55,6 tahun atau mengurangi 29% dari masa hidup manusia secara normal.

Lebih parah lagi adalah banyaknya prosentase umur yang berkurang karena mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Dari grafik infografis diketahui bahwa kokain menyebabkan hilangnya 44% umur sesorang, methamphetamine akan membuat seorang pecandu kehilangan 53% dari waktu normal usia hidupnya, 49% kehilangan waktu hidup untuk pengguna methadone, dan yang terparah adalah bagi pengguna heroin yang jika mulai mengkonsumsinya pada usia 23 tahun diperkirakan akan meninggal pada usia 37,5 tahun atau total kehilangan sebanyak 52% dari usia normal manusia pada umumnya.

Data-data tersebut dijelaskan secara rinci dalam tampilan poster infografis menarik yang dimuat dalam situs treatment4addiction.com. Harapan terbesar dari penelitian tersebut adalah agar masyarakat semakain sadar dan peduli terhadap kesehatan mereka.

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

(treatment4addiction.com )

 

Rep: Aik

Red: Hanny Adiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.