Home / COUNTER BANDS / Band Bule / Inilah 7 Lagu Anti-Narkoba yang Membahana

Inilah 7 Lagu Anti-Narkoba yang Membahana

KONTERKULTUR–Banyak orang mengira musik populer selalu terkait dengan hal-hal yang berbau seks, narkoba dan hedonisme. Namun, setelah ditelisik lagi, ada juga kalangan musisi mainstream yang mempropagandakan pengendalian diri yang mengarah pada anti-narkoba.

Berikut ada kumpulan lagu-lagu yang bermuatan anti-drugs yang kami temukan dari berbagai genre:

 

“Not If You Were The Last Junkie on Earth”—The Dandy Warhols

Sebagaimana yang pernah didokumentasikan di film “Dig!”, lagu ini didedikasikan untuk sebuah band bernama The Brian Jonestown Massacre, yang menjadi rival The Dandy Warhols, yang saat itu menyanyikan lagu “Not If You Were The Last Dandy on Earth” sebagai plesetannya. Frontman mereka, Courtney taylor pernah mengatakan dalam sebuah interview bahwa lagu itu tentang pacarnya yang menjadi pecandu heroin saat ikut tour bersama mereka.

 

“Prescription/Oxymoron” ScHoolBoy Q

Rapper ScHoolBoy Q, alias Quincey Matthew Hanley punya pengalaman tentang narkoba dalam hidupnya, menjadi bandar sekaligus pecandu. Dalam lagu “Prescription/Oxymoron” ini SchoolBoy bercerita soal pengalamannya itu. Pada Februari 2014 lalu saat diwawancara oleh Hot 97 DJ Angie Martinez, SchoolBay Q alias Hanley mengaku telah berhenti pakai narkoba.

 

“Night of the Living Baseheads” Public Enemy

Lagu ini beneran olschool banget. Lagu yang dirilis tahun 1988 ini sebagai kritikan pedas kepada pemerintahan Ronald Reagan saat itu. Dalam chorus lagu ini adalah kalimat “How low can you go?” yang berarti seberapa jauh kamu bisa terjerumus dalam kecanduan narkoba. Salah satu ironi terbesar menyangkut fakta bahwa Flavor Flav berpikir bahwa Chuck D menulis lagu itu tentang dirinya karena pada saat itu dirinya sedang menggunakan obat terlarang.

 

“Angel Dust”  Gil Scott-Heron

Musisi sekaligus artis yang vokal,Gil Scott-Heron menulis lagu ini untuk melawan kejahatan PCP. Meskipun lagu ini memiliki kandungan pesan peringatan yang keras, namun lagu itu sempat jadi hit dan berhasil mencapai urutan 15 di tangga lagu R&B setelah rilis pada tahun 1978. Sayangnya, Gil tidak bisa menjadi salah satu nenek moyang dari hip-hop yang konsisten dengan pesan anti-narkoba-nya gara-gara dia dijerat hukuman penjara enam bulan setelah ketahuan memiliki pipa retak pada tahun 2003. Lagu ini hidup melalui sampel di berbagai trek lainnya.

 

“Beware of the Man (With The Candy In His Hand)” – The Dramatics

Ini adalah single fenomenal yang tulis oleh legenda musik soul dari Detroit tentang kejahatan pengedar narkoba pada tahun 1973-an.

 

“White Horse” Laid Back 

Sebagian besar musisi-musisi synthpop didunia biasa berinteraksi dengan hal-hal yang berbau narkoba pada tahun 1980-an. Tapi tidak untuk Laid Black! Duo dari Denmark ini menulis lagu anti-narkoba pada 1983 yang kental dengan nuansa disko dan clubbing. Mereka memperingatkan bahaya narkoba yang mereka istilahkan dengan “white hourse”. Lagu ini pernah ngehit di AS dan pernah dinyanyikan pula oleh musisi ternama seperti The Black Eyed Peas dan Snoop Dogg.

 

 “Cod’ine” Buffy Sainte-Marie

Di awal 60-an, artis folk dan aktivis Buffy Sainte-Marie bertarung melawan kecanduan narkoba yang menyebabkan dirinya mengalami penyakit infeksi tenggorokan. Hal itu menjadinya sadar membuatnya terinsipirasi untuk menulis lagu tentang anti-narkoba pada tahun 1963. Beberapa musisi dan artis yang terlibat dalam lagu ini adalah Donovan, Janis Joplin, Gram Parsons dan Courtney Love.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*