Home / News / Sound News / Inilah Alasan Dennis ‘REFUSED’ Tidak Lagi Straight Edge
Dennis Lyxzen REFUSED (www.tonedeaf.com.au)

Inilah Alasan Dennis ‘REFUSED’ Tidak Lagi Straight Edge

 KONTERKULTUR–Dahulu, REFUSED dikenal sebagai band hardcore asal Swedia yang getol mengusung faham straight edge. Namun sejak albumnya The Shape of Punk To Come, mereka tidak lagi menggunakan simbol-simbol straight edge lagi. Bahkan dandanan mereka tidak lagi ala hardcore kids pada umumnya, namun menggunakan setelan-setelan jas yang rapi sebagaimana fashion retro. Kemana faham straight edge yang mereka embor-gemborkan dulu?

Dalam sebuah wawancara, Dennis Lyxzen ditanya soal itu. Apa jawabannya? Mari kita simak cuplikan wawancara yang dilakukan situs dyingscene.com ini:

Pertanyaan: Apakah kamu masih menganut gaya hidup straight edge?

Dennis : (tertawa) “Aku sedikit lebih longgar dalam gaya hidup straight edge saya daripada saya dulu”

Pertanyaan: Bagaimana maksudnya?

Dennis : “Saya sudah 38 tahun. Saya nggak minum alkohol, saya tidak pakai narkoba, tapi saya tidak mau mengambil jarak dengan orang-orang disekitar saya. Ketika kamu masih muda, ada stigma yang sangat kuat (bahwa straight edge itu anti dengan orang-orang diluar straight edge-red) karena kamu menjauh dari mereka. Dan sekarang saya nggak butuh berbuat seperti itu lagi. Saya adalah orang yang cukup melankolis. Kalau saya jalan-jalan keluar rumah, dan jika disana ada sebuah pesta yang besar, mungkin saya bisa aja minum segelas champagne untuk ikut berpesta dengan teman-teman saya.

***

Ternyata saat ini Dennis sudah tidak lagi straight edge hanya karena tidak ingin jauh dari teman-temannya yang masih suka mabuk. Semoga tidak ada penganut straight edge lainnya yang selemah vokalis REFUSED ini.*[KK]

Red: Jamilah

One comment

  1. Ternyata saat ini Dennis sudah tidak lagi straight edge hanya karena tidak ingin jauh dari teman-temannya yang masih suka mabuk. Semoga tidak ada penganut straight edge lainnya yang selemah vokalis REFUSED ini.*[KK]

    hehe bener juga sih faktor temen lingkungan dll. :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.