Home / Artikel / Kenal Tokoh / Inilah Penyakit yang Diderita Keith Morris ‘OFF!’
Keith Morris (sumber: latimesblogs.latimes.com)

Inilah Penyakit yang Diderita Keith Morris ‘OFF!’

KONTERKULTUR–Satu-persatu para dedengkot hardcore/punk kelas dunia mengidap penyakit-penyakit yang berat dan kronis. Jauh sebelum HR sang vokalis BAD BRAINS mengalami penderitaan yang berat terhadap sakit di kepalanya, ternyata mantan vokalis BLACK FLAG, CIRCLE JERK dan kini di OFF!, Keith Morris, menderita diabetes alias kencing manis. Konon penyakit ini jika dibiarkan akan menyebabkan penderita sulit sembuh dari luka ditubuhnya, proses regerasi sel yang lambat, bahkan bisa membuat luka mudah membusuk dan akhirnya diamputasi. Namun separah apakah yang diderita oleh Keith Morris?

Menurut wawancara yang dilakukan oleh markprindle.com dengan Keith Morris, beliau menjelaskan penyakitnya secara terbuka kepada situs tersebut. Situs itu menanyakan bagaimana ceritanya hingga Keith ketahuan mengidap penyakit yang cukup berbahaya itu, dan berikut ini adalah jawabannya:

“Awalnya saya demam dan itu baru berakhir setelah delapan minggu. Saya pikir saya kena penyakit pneumonia, jadi saya akhirnya mau periksa ke dokter. Berat badan saya sempat turun sampai 45 pounds waktu itu, dan teman saya bilang, “hey, kamu jangan-jangan kena kanker.” Tapi saya merasa baik-baik saja, kemudian saya terkena demam. Jadi saya pergi ke dokter, dan dokter itu bilang, “Well, mungkin sakit yang ada di lehermu itu karena TBC atau HIV yang mengarah ke AIDS. Kita butuh tes darah dulu untuk melihat apa yang sebenernya terjadi.”.

“Waktu itu saya seperti mendengar berita mengejutkan yang bikin saya depresi berat. Apakah ini akan baik-baik saja jika saya nanti kembali beberapa hari kemudian. Jadi saya pergi ke chiropractor untuk diambil darah saya dan dia bilang bahwa semuanya akan baik-baik saja. Hasilnya, bukan hepatitis, bukan HIV, liver saya sehat, ginjal jug sehat, kecuali kadar gula dalam darah saya mencapai 345 sedangkan normalnya seharusnya 70 hingga 120 saja. Kemudian dokter bilang, “Kamu kena diabetes. Pergilah ke dokter yang tepat dan jagalah kesehatan.””

Lalu apa yang dilakukan oleh Keith Morris setelah tahu dirinya terkena diabetes?

Dalam wawancara itu Keith menjelaskan, “Harus mengontrol makanan dan menguranginya. Mengurangi karbohidrat sampai separuh, makan lebih banyak sayur khususnya yang berwarna hijau. Bagi penderita diabetes, itu makanan yang paling baik yang bisa dimakan. Hehe, saya bicara tentang makanan sehat tapi sekarang saya sedang berada dihadapan pop corn berukuran besar tepat didepan saya.”

Apakah kondisi itu mempengaruhi performa Keith Morris dipanggung?

Keith menjelaskan “Selama saya makan lebih dulu beberapa jam sebelum manggung, saya nggak masalah. Saya belajar kapan saya harus makan dan kapan harus berhenti makan. Ini benar-benar menarik karena kamu jadi sadar dengan kondisi tubuhmu dan hal-hal yang berpengaruh terhadapnya.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.