Home / News / Other News / Inovatif! Di India, Ada Celana Jeans “Anti-Perkosaan”

Inovatif! Di India, Ada Celana Jeans “Anti-Perkosaan”

KONTERKULTUR–Dua perempuan India telah merancang sebuah terobosan baru sebuah celana jins yaitu jins”anti-perkosaan”. Celana jins ini mampu mengirim sinyal distress ke polisi setempat apabila terjadi serangan seksual pada pemakai, sebagaimana yang dilaporkan harian Inggris Daily Mail.

Terobosan celan jins yang diciptakan oleh Siksha Pathak dan Anjali Srivastava ini, bertujuan untuk membantu memerangi peningkatan jumlah insiden pelecehan seksual di negara ini, negara dengan demokrasi terbesar di dunia.

“Kami telah memikirkan pembuatan terobosan jins ini dalam waktu yang lama,” kata Pathak, seorang mahasiswa SAINS yang merupakan anak perempuan dari seorang sopir taksi.

“Baru-baru ini kami menedengan Banyak gank-gank yang bermasalah melakukan pemerkosaan dengan sangat mengerikan, yang membuat saya dan teman saya sangat shock. Mudah-mudahan tidak ada perempuan lain yang harus menderita jika mereka mengenakan pakaian yang kami buat, “tambahnya.

Setiap celana jins berharga sekitar $ 4 di India, termasuk perangkat elektronik kecil didalamnya yang mengirim sinyal ke kantor polisi terdekat ketika diaktifkan.

Sinyal juga bertindak sebagai tracker sehingga polisi bisa dengan cepat menuju ke lokasi korban.

Hampir ada 200 kantor polisi di utara kota Varanasi di India, dimana pada daerah tersebut gadis-gadis itu berasal, telah memiliki peralatan untuk menerima peringatan tersebut.

Jika berhasil, “anti-perkosaan” sistem akan diperluas secara nasional.

Sebuah pemerkosaan terjadi setiap 22 menit di India, menurut angka pemerintah. India telah dan sedang berjuang untuk mengatasi reputasinya dalam hal kekerasan seksual sejak pemerkosaan yang fatal yang dilakukan oleh sebuah gank kepada seorang mahasiswa di New Delhi pada tahun 2012.*[KK]

Rep: Marko

Red: Innah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.