Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Jadi Straight Edge Bisa Mencegah Otak Cepat Pikun

Jadi Straight Edge Bisa Mencegah Otak Cepat Pikun

KONTERKULTUR—Jika kita mendengar bahwa gaya hidup straight edge adalah gaya hidup yang positif dan menyehatkan maka itu sudah biasa. Namun pernahkah kita tahu secara spesifik bahwa ternyata menjadi straight edge juga mencegah kita dari kepikunan dini. Mengapa demikian? Karena menjadi straight edge hanya memakan sayur dan buah-buahan saja, sedangkan ternyata sayur-sayuran memiliki zat-zat yang bisa membuat otak manusia tetap tajam dan tidak mudah lupa.

Bahkan, penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Rush Institute for Healthy Aging di Chicago Rush University Medical Center menunjukkan bahwa keuntungan para pemakan sayuran dapat meluas sampai ke usia tua, yaitu membantu penurunan resiko kepikunan dan menjaga otak agar tetap muda.

Suatu penelitian yang didanai oleh hibah dari National Institute on Aging meneliti 1946 orang pria dan wanita di daerah Chicago yang berusia 65 dan lebih tua, melalui periode enam tahun, untuk mengetahui dampak dari kebiasaan makan sayur-sayuran.

Para peserta yang diuji daya ingat jarang pendek dan jangka panjang dengan cara menceritakan cerita yang baru saja dibacakan kepada mereka. Mereka juga diuji dengan menggunakan flashcards dengan simbol dan angka. Hampir seluruh peserta mengalami penurunan bertahap dari waktu-ke-waktu menjadi lebih buruk ingatannya, namun mereka yang terbiasa makan lebih dari dua porsi sayuran setiap hari menunjukkan penurunan mental sekitar 40 persen lebih sedikit daripada mereka yang makan sedikit atau tidak makan sayuran sama sekali.

Penulis utama dari studi ini, Martha Clare Morris mengatakan hasil riset yang menunjukkan bahwa orang-orang yang makan banyak sayuran kerja otaknya dalam menyimpan ingatan setara dengan peserta yang berusia sekitar lima tahun lebih muda. Hal itu juga mencatat bahwa kelompok yang makan lebih banyak sayuran juga lebih mungkin untuk menjadi aktif secara fisik dan menunjukkan hubungan antara pikiran dan kesehatan tubuh, kata neuroscientist Maria Carillo, direktur hubungan medis dan ilmiah untuk Asosiasi Alzheimer.

Hasil penelitian itu dilaporkan dalam Jurnal Neurology, yang didalamnya menyarankan bahwa sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan sawi sangat besar manfaatnya. Kemungkinan besar karena mengandung antioksidan vitamin E yang cukup banyak.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

One comment

  1. ”Straight Edge adalah sebuah gaya hidup, filosofi dan pergerakan anak muda yang menganut anti penggunaan narkoba, penggunaan minuman beralkohol, merokok dan hubungan sex bebas (casual sex), walaupun pergerakan garis keras yang lebih dalam mereka menghidari penggunaan obat secara menyeluruh (termasuk penggunaan secara medis) dan mereka mempercayai bahwa sex tidak untuk berganti-ganti pasangan.” WIKIPEDIA

    mungkin tulisan diatas lebih ke gaya hidup vegan/vegetarian deh, maaf min kalo ngepost coba yang teliti dulu yo..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.