Home / Artikel / Opini Hatkor! / Jangan Menghina Poseur!
Foto: freakytrigger.co.uk

Jangan Menghina Poseur!

KONTERKULTUR–Scenester punk tuh kalau udah lama nge-punk biasanya jadi makin belagu. Sok-sok an. Seolah udah menguasai semua yang terkait sama punk. Ada dikit aja yang menyinggung soal punk, suka langsung menanggapi. Padahal bukan dia yang diajak omong. Tapi karena ngerasa udah paling punk, nyaut aja sama obrolan orang laen. Udah gitu kalo udah bahas tentang dunia per’pang’an, wuih… bak professor lulusan Jurusan Punk. Nah, biasanya tuh, tipe anak punk yang udah ‘sok senior’ macam itu nggak terlalu suka sama yang namanya POSEUR.

Padahal punker ‘Sok Senior’ dulunya juga berangkat dari Poseur juga. Mereka nggak mungkin nggak melalui fase itu. Semua scenester mengalaminya. Awal-awal mereka pasti juga bloon pas ditanya tentang apa itu punk. Mereka pasti juga pernah pakai atribut punk sebelum memahami apa filosofinya. Nah, kan nggak adil namanya, kalau para poseur kita olok-olok kalau dulu kita semua pernah mengalami fase itu?

Menurut gue, seharusnya kita nggak boleh memperlakukan poseur dengan cara mengolok-olok mereka. Apalagi seberapa banyak sih hal yang kita tahu tentang punk? Bukankah masih banyak orang lain yang lebih tahu dari kita?*[]

Oleh: Ruli Rocker

2 comments

  1. kita semua pernah melalui tahapan POSEUR tadi, jadi alangkah lebih baiknya kita rangkul mereka dan melakukan pendekatan dan memberikan pengetahuan yang tepat untuk mereka …. salam

  2. hari gini masih masalahin poser ? orang udah pada ke bulan besok ke mars besok naik haji .. macam makan gaji aja di scene …. poser bukan lah momok ( gw juga ga setuju klo semua berangkat dari poser karena subkultur berangkat dari expresi diri sendiri , balik ke 1977 di inggris , orang juga ga tau apa itu defenisi punk , semua gaya gayaan doang … semua nya adalah produk ) gw lebih mending ketemu ginian dari pada ketemu polisi scene …………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.