Home / News / Sound News / Jeff Jelen ‘MK-ULTRA’: “Kami tidak tertarik menyanyikan lagu-lagu bertema politik”

Jeff Jelen ‘MK-ULTRA’: “Kami tidak tertarik menyanyikan lagu-lagu bertema politik”

KONTERKULTUR–Pentolan band hardcore punk asal Chicago MK-ULTRA, Jeff Jelen, (yang juga bermain di band CHARLES BRONSON) pernah ditanya tentang sikap politis MK-ULTRA didalam band, juga terkait dengan bagaimana respon fans mereka terhadap tema-tema semacam itu.

Berbeda dengan mainstream band hardcore punk era 90-an lainnya, Jeff mengatakan bahwa dirinya tidak tertarik dengan isu-isu politik. MK-ULTRA, menurutnya adalah band untuk bersenang-senang saja.

“Saya tidak tertarik dalam politik. Aku selalu menyukai lirik Frank tapi akhirnya aku ada di sana hanya untuk bersenang-senang. Saya ingat hanya satu lagu kami yang menunjukkan tema politik, yaitu untuk melawan Shell Oil. Tapi setelah 3 band melakukan tur dan mengisi bensin di pom bensin milik Shell di jalan tol. Kami memiliki tertawa-tawa mengenai hal itu. Maksudku apa yang akan kita lakukan? Masak mau berkeliling kota untuk mencari pompa bensin DIY yang terdekat?” katanya dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh situs milik teman sejawatnya, Mark McCoy, yang juga mantan teman satu band-nya di CHARLES BRONSON.

MK-ultra

Memang, pembahasan tentang politik dalam lirik lagu mungkin bisa dibilang jadi salah satu aspek yang mendefinisikan style hardcore tahun 90-an. Meski tidak semua band melakukan itu, tapi sebagian band 90-an lebih banyak yang menekankan pada kritik-kritik terhadap penguasa dan sering bernuansa politis. Tapi jawaban Jeff Jelen MK-ULTRA ini mungkin jauh lebih realistis, bahwa menjadi militan dan sok politis memang akan menyulitkan diri sendiri.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.