Home / Artikel / Opini Hatkor! / Jual Merchandise Band dengan Harga Selangit, Bukti Ada Kapitalisme di Scene Punk

Jual Merchandise Band dengan Harga Selangit, Bukti Ada Kapitalisme di Scene Punk

KONTERKULTUR–Tahu sendiri lah, saat ini band-band tenar menjual merchandise-nya dengan harga yang mahal. Mereka memanfaatkan penggemar fanatik yang rela mengeluarkan duit berapa aja untuk beli merchandise. Hal ini akhirnya diekspoitasi oleh band untuk membeli merch dalam harga yang cukup mahal.

Bukan hanya band yang masih eksis yang melakukan tipudaya itu, band-band yang sudah bubar pun sering kaosnya dijual dengan harga yang tinggi. Di Amrik, kaos band Nirvana yang dijual sampai seharga 6,900 dollar AS atau setara dengan Rp 93 juta. Kenapa bisa semahal itu? Katanya, kaos ini hanya dimiliki oleh sekelompok orang yang ikut Nirvana tur pada tahun 1993. Sedangkan baju yang dijual di situs jual beli online itu sebenarnya  milik salah satu bodyguard Kurt Cobain.

Ok lah kalau sekelas Nirvana biarin. Lagipula tidak ada prinsip perlawanan terhadap kapitalisme dalam lagu-lagu Nirvana. Tapi hal ini sangat memalukan kalau sampai terjadi di scene punk. Mental kapitalisme semacam ini harus dibasmi kalau ada di scene punk. Jika kapitalisme itu justru dilakukan oleh oknum-okum di scene punk, maka cara yang terbaik adalah kita boikot dengan tidak membeli produk-produknya.*[]

Oleh: Bang Jon

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*