Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Kamu Bisa Mengenali Kaum Homoseks dari Gaya Berpakaiannya!

Kamu Bisa Mengenali Kaum Homoseks dari Gaya Berpakaiannya!

KONTERKULTUR–Amerika, negara yang dikenal menjunjung tinggi liberalisme ini kini sudah menjadi ‘surga’ bagi kaum yang memiliki orientasi seks yang menyimpang alias kaum homoseksual.

Di tahun 1970-an, di Amerika dikenal istilah Post-Stonewall dan Pre-AIDS yang merupakan sebutan untuk periode “puncak” bagi kaum homoseksual. Pada masa ini merupakan periode para homoseksual di Amerika tidak malu untuk tampil di depan umum, dengan dalih kebebasan berekspresi. Para pelaku penyimpangan seks, terlebih para lelaki gay, saat itu bahkan mudah sekali dikenali dari style berpakaian yang mereka kenakan.

Dikutip dari dangerousminds.net (16/01/2015), seorang fotografer bernama Hal Fischer mempublish foto-foto monograf yang mendokumentasikan style para lelaki gay pada di San Fransisco Amerika Serikat. Bertajuk “Gay Semiotics”, Fischer mencoba menunjukkan pada publik bahwa pada saat itu, para gay juga memiliki mode berpakaian mereka sendiri.

Beberapa “aksesoris” gaya yang mudah ditandai pada masa itu antara lain adalah sapu tangan biru yang diletakkan di saku jeans bagian belakang. Cara meletakkan saputangan biru tersebut juga memiliki makna yang berbeda. Saputangan biru di saku celana bagian kanan berarti si pemakai adalah pelaku gay “passive”, atau berperan sebagai “perempuan” dalam berhubungan dengan pasangan gay-nya. Sementara, jika berada di saku kiri maka dapat diartikan bahwa orang tersebut berperan sebagai si “aktif”, atau laki-laki secara umum.

Selain saputangan biru, benda-benda lain yang menjadi ciri khas gay pada saat itu adalah anting, kunci-kunci yang dikaitkan pada saku jeans, celana jeans ketat, celana gym dari bahan satin dan jaket kulit ketat. Tak hanya aksesoris, para gay juga dapat dikenali dari kebiasaannya membawa amyl nitrite, yaitu obat berbentuk inhaler. Cara pakai obat tersebut adalah dengan menghirup amyl nitrite yang berbentuk inhaler. Obat ini menjadi semacam pertolongan pertama bagi para homoseksual yang berpotensi terkena serangan jantung saat melakukan hubungan seks abnormal tersebut.

Ciri-ciri berpakaian tersebut bisa menjadi informasi penting bagi kita agar terhindar dari ‘ancaman’ kaum semacam ini di lingkungan kita. Baik menghindari ‘colekan’ mereka, maupun untuk menjaga gaya berpakaian kita agar jangan sampai sama dengan mereka.*[KK]

HF_SignifiersMResponse_16x20FC_OtherWEB

fischerhandkerchief23424243

HF_earring_16x20FC_OtherWEB

HF_keys_16x20FC_OtherWEB

tumblr_ngs8tx1GMB1qarjnpo4_1280

Fig19_p46v2

Fig20_p47v2

HF_ArchetypeWestern_16x20FC_OtherWEB

HF_ArchetypeLeather_16x20FC_OtherWEB1

Red: Hanny/Abu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.