Home / Artikel / Kenal Tokoh / Karl Buechner ‘EARTH CRISIS’: “Menjadi straight-edge harus istiqomah”
Karl Buechner EARTH CRISIS - paling kanan (source: fuse.tv)

Karl Buechner ‘EARTH CRISIS’: “Menjadi straight-edge harus istiqomah”

KONTERKULTUR–Baru-baru ini, Fuse.tv melakukan wawancara eksklusif kepada vokalis band straight edge radikal EARTH CRISIS, yaitu Karl Buechner. Dalam wawancara tersebut, Karl ditanya tentang bagaimana idealisme straight edge dirinya dan personel band lainnya seiring dengan bertambahnya usia mereka yang sudah 40-tahunan.

Dalam wawancara tersebut, Karl menjelaskan bahwa menjadi straight edge wajib konsisten sampai selamanya. Bukan hanya pada saat nge-band saja. Tapi komitmen seumur hidup.

Karl juga menyayangkan banyaknya band straight edge yang personelnya tidak lagi bergaya hidup straight edge.

Selengkapnya, mari kita simak wawancara berikut ini:

Pertanyaan: “Saat ini kalian udah berumur 40an tahun, apakah bertambahnya usia kalian bisa mengubah pandangan politis kalian? Saya (pewawancara-red) juga sepantaran dengan kalian, dan banyak orang yang bilang kepada saya bahwa wajar-wajar saja jika kamu mulai ‘melunak’ ketika semakin bertambah tua. Akan lebih mudah jadi idealis pas kamu masih usia 20an.”

Karl : “Saat kami memulai, banyak band straight edge yang hanya bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun saja, kemudian bubar. Satu persatu personelnya secara bertahap terjerumus dalam narkoba dan pemakaian alkohol, atau mulai mencoba-coba lalu ketahuan. Perasaan tidak puas yang kami rasakan membuat kami bertekad untuk mengkampanyekan straight-edge sebagai komitmen seumur hidup dan tidak akan pernah menyentuh setetespun ‘racun’.

Kami ingin orang-orang tahu bahwa mereka bisa mempercayai apa yang kami katakan. Kami juga tidak pernah menggampangkan anggapan bahwa straight edge sebagai pilihan gaya hidup seseorang. Kecanduan narkoba dan alkohol mempengaruhi masyarakat secara keseluruhan, dan perlawanan melawan hal tersebut harus terlihat dan butuh keseriusan.

Itu tidak akan terjadi jika kamu cuma jadi straight edge sampai band kamu bubar saja. Atau sampai band favoritmu bubar. Saya benar-benar berpikir bahwa tujuan kami sebagian besar sudah tercapai. Kini masih ada beberapa puluh band yang didalam terdapat musisi usia 30an diseluruh dunia yang masih bertahan dalam ide tersebut (straight edge-red). Saya tidak berpikir bahwa kami makin melunak, kami masih tetap istiqomah.”[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

 

 

One comment

  1. Mantap review nya bro..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.