Home / News / Sound News / Keluarga Bob Marley Pun Ancam Anggota Dewan Israel, Apa Sebabnya?
Bob Marley (foto: AP)

Keluarga Bob Marley Pun Ancam Anggota Dewan Israel, Apa Sebabnya?

KONTERKULTUR–Pada tahun 2012 lalu secara resmi ahli waris keluarga Bob Marley menyampaikan surat peringatan kepada Aryeh Eldad, seorang anggota dewan Israel (Knesset) dari kelompok sayap kanan radikal. Mereka mengecam tindakan Aryeh Eldad atas penggunaan lagu “Iron Lion Zion” untuk propaganda kampanyenya yang rasis terhadap etnis Arab di Palestina.

Di dalam film yang telah diblokir dari internet itu, Eldad bersama cucunya sedang menyanyikan lagu Bob Marley. Lalu Eldad menambahkan liriknya untuk mempromosikan pandangan politik Eldad:

“Kalau kalian mendukung dua negara untuk dua warga, dimana salah satunya adalah Jordan. Jika kalian melawan pendudukan Arab, katakan “Amin!”. Satu harapan bersama (sayap) kanan, Ya!”

Dalam surat ancaman itu, ahli waris Marley menuduh Eldad melecehkan musik reggae. “Kami, ahli waris, keluarga besar Bob Marley, sangat tersinggung dengan penggunaan lagu itu demi propaganda politik anda. Bob Marley tidak akan suka karyanya dilecehkan dan menghapuskan segala perjuangannya tentang perdamaian,”.

Aryeh Eldad sendiri memang sering terlibat kontroversi. Sebagai politisi konservatif, yang dikenal tanpa kompromi terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina, bahkan menolak sama sekali perundingan damai dengan Palestina, memang dikenal sebagai tokoh kontroversial.

Eldad pernah menganjurkan pemindahan masjid Al Aqsha untuk pelebaran tembok ratapan dan kuil sulaiman. “Tidak ada hukum yang bisa mencegah pemindahan masjid. Bahkan kita tidak akan pernah menunda pembangunan permukiman Israel. Jagankan 10, 100 pun kita mampu,” ujarnya arogan.*[KK]

Rep/Red: Bang Bokir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.