Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Ketika Pemimpin Zapatista Mengirim Puisi untuk Para Pejuang Palestina
Subcommandante Marcos, pemimpin gerilyawan Zapatista di Chiapas Mexico(foto: arbiternews.com)

Ketika Pemimpin Zapatista Mengirim Puisi untuk Para Pejuang Palestina

KONTERKULTUR–Pernahkah kalian menyangka, seorang insurgen, gerilyawan yang sehari-harinya hidup di hutan belantara memperjuangkan hak-hak hidupnya, ternyata pandai juga menulis puisi.

Dia lah Subcommandante Marcos, pemimpin legendaris Tentara Pembebasan Zapatista (Mexico) yang sering menjadi role model yang dielu-elukan oleh para punks dan penganut anarkisme. Beberapa waktu lalu, Marcos mengirim sebuah puisi sebagai solidaritas terhadap perjuangan Palestina.

Berikut ini puisi dari Subcommandante Marcos:

The Nakba in Chiapas: Words from afar in the black room of death

Not far from here in a place called Gaza in Palestine, in the Middle East right here next to us, the Israeli government’s heavily trained and armed military continues its march of death and destruction.

– Subcomandante Insurgente Marcos Chiapas, Mexico

Terjemahan:

Nakba di Chiapas: Sebuah Kata Dari Jauh Di Dalam Ruang Hitam Kematian”

Tidak jauh dari sini di sebuah tempat bernama Gaza di Palestina, di Timur Tengah di sini di sebelah kami, pemerintah Israel dengan tentara terlatih dan bersenjata canggih meneruskan paradenya pada kematian dan kehancuran.

– Subcomandante Insurgente Marcos Chiapas, Mexico

Nakba berasal dari bahasa Arab yang berarti Hari Malapetaka (15 May 1948). Saat itu, 750 ribu orang Palestina diusir dari tanah kelahirannya. Tanah mereka kemudian diduduki oleh Israel secara paksa. Semenjak itu, berdirilah negara Israel tanpa mengakui keberadaan warga Palestina.

Sebagai tambahan, awal Agustus ini, pemerintahan Autonomous di Pegunungan Chiapas yang mempraktekkan demokrasi langsung, menyatakan sikap mengutuk kebiadaban Israel dan menyebutnya sebagai “Pemusnahan Massal Terhadap Kemanusian”. Hal itu disampaikan langsung oleh Commandante Tacho. “Ini wujud solidaritas kami sebagai sesama pejuang” ujarnya.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Bokir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*