Home / Bedah Karya / Bedah Lirik / Kisah Persahabatan Dibalik Lagu OFF! “Jeffrey Lee Pierce”
OFF!

Kisah Persahabatan Dibalik Lagu OFF! “Jeffrey Lee Pierce”

Heard a voice
Call out to me
From the shadows of gin ling way

He saw the world
With diamond eyes
Through the moon shine palm tree skies

Jeffrey Lee Pierce!

A creeping ritual
Blasting from amps
With an X drawn on our hands

It’s six wires up
An eternity
That’s why I write this eulogy for

Jeffrey Lee Pierce!

A river runs through
His esophagus
To a swamp buried in his chest

Jeffrey Lee Pierce!

So carry on ole
Jeffrey Lee
And we’ll burn that Christmas tree!”

—“Jeffrey Lee Pierce”, OFF!

 

KONTERKULTUR—Setiap lagu selalu punya cerita. Termasuk lagu “Jeffrey Lee Pierce” milik OFF! ini. Lagu ini bercerita tentang teman sekamar Keith Morris, pentolan OFF! yang juga mantan vokalis BLACK FLAG dan CIRCLE JERK itu. Pierce adalah seorang pendiri band blues-punk yang cukup berpengaruh THE GUN CLUB. Pada tahun 1996, Pierce meninggal dunia karena farises di otaknya saat berusia 37 tahun.

Keith menceritakan hal ini kepada sebuah wawancara, tentang lagu yang dia karang ini, “Well, sebelum dia meninggal, dia dan saya sedang akan membentuk sebuah band. Dia memainkan lagu, dan saya merekam beberapa ide lagu dengan menggunakan perekam kaset kecil. Dia sudah berusaha untuk menghambat penyakit yang ada dalam dirinya. Kami berusaha menyelamatkan nyawanya, saya dan seorang teman saya, Mike Martt, yang saat itu punya band bernama TEX AND THE HORSEHEADS dan THELONIOUS MONSTERS. Jadi kami menjenguknya di rumah sakit dan dia menjadi sangat marah karena dia pengen banget kembali ke Jepang. Saat kembali bermusik, dia memainkan lagu-lagu ini, dan dia memainkan setiap riff-nya sambil berkata kepada saya, “Keith, nanti kamu bikinkan lirik untuk lagu ini tentang Deborah Harry (seorang pimpinan Blondie fan club).” Tapi aku mengatakan, “Tidak Jeffrey, kamu adalah seorang penggemar beratnya, tapi aku enggak. Aku memang suka music Blondie, tapi aku nggak akan menulis lirik tentang Deborah Harry. Itu nggak akan pernah terjadi.” Kemudian Jeffrey meninggal dunia, dan saya masih punya musik yang sudah dia bikin.

Lagu “Jeffrey Lee Pierce” ini ada dalam album OFF! yang berjudul “First Four EPs.” Keith Morris pernah mengatakan bahwa dirinya menyebut OFF! bukan sebagai band punk rock, tapi band yang mengarang musik-musik “kemarahan”.

“Kami tidak mengatakan ini sebagai punk rock. Saya sudah berusia 56 tahun. Saya hanya marah, marah dan marah. Ini karena lirik kami sangat gelap dan kami marah bukan berarti kami ada masalah kejiwaan. Kamu bisa lompat keatas dan kebawah. Meskipun kami memainkan musik cepat secara ekstrim, kamu masih bisa menggoyangkan pantatmu, kamu masih bisa berjoget untuk ini. Dan itulah senjata rahasia kami!.”*[KK]

 

Red: Marko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*